Indikator Kinerja Individu (IKI) Tentukan Besaran Tukin

Pangkalpinang - Dalam rangka membangun Good Governance, maka pemerintahan berbasis kinerja memfokuskan pada upaya untuk mewujudkan outcomes (hasil). Oleh karena  itu, diperlukan  cara mengukur kinerja perorangan salah satunya adalah diharuskannya setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) menyusun Indikator Kinerja Individu (IKI). 
 
Tujuannya yakni untuk mengukur capaian kinerja setiap pegawai, sesuai jabatannya serta, sebagai bahan penyusunan Perjanjian Kinerja dan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) serta sebagai tolak ukur pemberian tunjangan kinerja.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Wardati, Kabag Pengembangan Kinerja pada Biro Organisasi Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Penerapan Indikator Kinerja Individu (IKI) hari ini Rabu (31/7).
 
Kegiatan ini dipimpin oleh Wakil Gubernur, Abdul Fatah serta dihadiri perwakilan dari Bapedda, Inspektorat, Diskominfo, dan BKPSDM. 
 
“ Indikator Kinerja Individu (IKI) merupakan sesuatu yang akan dihitung diukur dan digunakan sebagai parameter dalam penilaian kinerja dan akan menjadi uraian nomor satu pada SKP di aplikasi Tunjangan Kinerja (TUKIN)” kata Wardati.
 
Lebih jauh lagi beliau mengatakan bahwa IKI Pejabat Eselon I,II,III dan IV diisi berdasarkan TUSI, Cascading Perangkat Daerah dan Perjanjian Kinerja. Untuk tingkat pelaksana / Jabatan Fungsional Umum (JFU), IKI harus memuat indikator utama yang sesuai dengan IKI Eselon IV. Berbeda dengan  dengan JFU, IKI bagi ASN dengan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) berdasarkan butir pekerjaan yang sudah ditentukan oleh instansi pembinanya. 
 
Pada kesempatan ini, Wagub meminta agar segera di bentuk Tim Sosialisasi IKI yang akan turun ke OPD. Sehingga penyusunan IKI sampai pada level pelaksana diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan dalam mengidentifikasi kualitas kinerja masing-masing. Dan dengan adanya IKI maka ASN mempunyai sasaran dan tujuan kerja yang jelas, terarah dan terukur.
 
“IKI ini digunakan sebagai penilaian kinerja dengan monitoring secara berkala  oleh atasan langsung. Sehingga pemberian Tunjangan Kinerja (Tukin) dapat mempertimbangkan kinerja individu berdasarkan IKI tersebut” ujarnya.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imeldarina Ginting
Fotografer: 
Imeldarina Ginting
Editor: 
Fitra