Indonesia Grandprix, Penyelenggara Disarankan Membuat Rute Melintasi Destinasi Wisata

PANGKALPINANG -- Erzaldi Rosman Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyambut baik rencana pelaksanaan Indonesia Grandprix di Babel. Kegiatan ini tak hanya membangun bidang olahraga, sebab di sisi lain diharapkan dapat mendongkrak kemajuan sektor pariwisata di Bangka Belitung.

"Untuk sektor olahraga bisa di komunikasi dengan Dinas Olahraga kabupaten/kota. Sedangkan yang terkait di sektor pariwisata melalui Dinas Pariwisata," kata Gubernur Erzaldi saat rapat Persiapan Indonesia Grandprix, di Ruang Rapat Gubernur Babel, Senin (13/1/2020).

Lebih jauh Gubernur Erzaldi ingin mengetahui jumlah biaya untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Setelah mengetahui jumlah dananya, kemudian dilanjutkan mencari pihak yang berkenan untuk mensponsori. Hendaknya sponsor ini hingga tingkat internasional.

Sedangkan untuk sponsor lokal seperti PT Timah, Gubernur Erzaldi mengatakan, itu bisa daerah yang mengerjakannya. Tentunya pihak penyelenggara kegiatan ini mendapatkan keuntungan, oleh karenanya pengerjaan kegiatan harus secara profesional.

Selain harus menginventarisir terkait pendanaan, Gubernur Erzaldi menyarankan agar tanggal pelaksanaan bertepatan adanya keramaian masyarakat. Contohnya, bertepatan dengan pelaksanaan selamat kampung. Sebab kegiatan ini akan melewati Kabupaten Bangka Barat.

Gubernur Erzaldi berharap agar rute tidak melintasi jalan utama atau protokol. Ada baiknya rute melewati jalan pantai dan menyentuh semua kabupaten, sampai Kabupaten Bangka Selatan. Bisa saja peserta mengunjungi hingga Pulau Putri, Belinyu, Kabupaten Bangka.

"Ketika melewati Kabupaten Bangka Tengah, bisa melintasi destinasi wisata Kolong Biru. Untuk Pangkalpinang melewati Jembatan Emas dan langsung menuju ke Kabupaten Bangka," saran Gubernur Erzaldi.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari/Nona
Fotografer: 
Umar