Ini Dia Juara Catur Kilat Pornas XV Korpri

Pangkalan Baru - Catur Kilat yang dipertandingkan pada hari pertama dalam rangkaian PORNAS KORPRI XV di Gedung Convention Centre Restoran Gale-Gele Pangkalan Baru, Selasa sore 12/11/2019 berakhir. Para Pecatur dari Kementerian, Lembaga, Provinsi, Kabupaten dan Kota se Indonesia pada ajang bergengsi ini berusaha untuk menjadi yang terbaik. Dari daftar pemenang yang diumumkan oleh panitia, Tim Catur Babel harus mengakui keungulan lawan  lawannya setelah bertanding 7 (tujuh) babak yang melelahkan, berikut para pemenang yang berhak meraih medali emas, perak dan perunggu : 
Perorangan Putra :

1. A. Raihan H, S. Ag dari Kalsel dengan nilai 31,00 SB
2. Muhammad Hendrik F, ST. dari Aceh  dengan total 28,77 SB
3. Banbang Sunarto dari PUPR dengan nilai 25,50 SB

Beregu Putra

1. Jawa Barat dengan nilai 20 ½ Pts.
2. Bengkulu dengan nilai 20 Pts
3. Jawa Tengah dengan nilai 19 ½ Pts

Perorangan Putri :

1. Ai Jakiyah dari Jabar dengan nilai 15 SB
2. Kadek Iin Dwijayanti dari Kementerian PUPR dengan nilai 10 SB
3. Stefani Dian Cheri dari Kemenpora RI dengan nilai 6 SB
3. Tuty Rahayu dari Sumut dengan nilai 6 SB

Beregu Putri :

1. Sumatera Utara dengan nilai 8 Pts
2. Kemenhum & Ham RI dengan nilai 5 Pts
3. Kemendagri dengan nilai 3 Pts.

Pada perorangan Putri, Stefani Dian Cheri dan Tuty Rahayu berbagi posisi sebagai juara 3 bersama, sementara itu Tim Beregu Putra Babel harus puas berada di peringkat 13 dari 34 regu peserta sedangkan prestasi pecatur perorangan putra Babel, Sofyan berada di posisi 31 dan Suhendra di posisi 51 dari 98 peserta.

Usai pertandingan Irwansyah Sinuraya, WI selaku Tournament Director mengaku cukup puas jalannya pertandingan hari ini dapat terlaksana dengan lancar namun ada sedikit kendala diawal karena kurangnya peralatan pertandingan, hal ini menurutnya diluar dugaan karena banyaknya peserta.

“panitia berusaha menyanggupi menyediakan peralatan agar dapat main serentak sehingga pada hari Sabtu itu sudah selesai semua, Harap Irwansyah.

Dalam pertandingan catur standar ini waktu pertandingan lebih lama dari catur kilat, diperkirakan akan memakan waktu hingga 3 jam, oleh karena itu Irwansyah memprediksikan kalau semua lancar dalam  satu hari dapat mempertandingkan 2 babak dari 7 babak yang harus dilalui oleh peserta sesuai dengan sistem Swiss 7 (tujuh) babak. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erik