Ini Pemenang GBN 2019

PANGKALPINANG-- Empat putera-puteri dengan potensi seni suara siap wakili Bangka Belitung menuju Istana Negara dalam audisi Gita Bahana Nusantara Tahun 2019. Mereka adalah Fransisca Meiliani (alto) asal Pangkalpinang, Nur Fahmi Fardila (sopran) asal Belitung Timur, Suwanto (bass) asal Bangka Tengah, dan Sebastian Cahyo M (bass) asal Pangkalpinang.

Salah satu juri daerah, Habli Nur mengatakan bahwa latihan mendalam sangat diperlukan dalam seni suara.

“Seni suara yang tepat tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Bagi kalian yang masih memiliki keinginan untuk mengikuti audisi ini tahun depan, mulai lah sesegara mungkin berlatih. Kalau perlu cari guru privat,” kata Habli.

Senada hal tersebut, juri daerah lainnya Andi Kaharudin juga mengatakan bahwa peserta harus memahami pengolahan suara.

“Suara asli kita berbeda dengan ketika suara itu diolah terlebih dahulu, akan terdengar bedanya. Nah, pengolahan ini juga dapat diperoleh dari banyak berlatih,” kata Andi.

Sementara Ketua Dewan Juri Edy Rama berharap adanya perhatian khusus dari pihak sekolah atau kabupaten/kota dalam mempersiapkan anak didiknya sebelum mengikuti audisi.

“Anak-anak ini bukan hanya harus pandai mengolah suara dan membaca not balok, tapi mentalnya juga harus siap. Kalau mereka sering berlatih, ini akan menjadi hal biasa buat mereka. Untuk itu, saya harap baik dari sekolah atau kabupaten/kota beri lah mereka pelatihan dan pembekalan yang cukup,” kata Edy.

Para pemenang selanjutnya akan mengikuti pemusatan latihan selama 19 hari, mulai 1 sampai dengan 19 Agustus 2019.

Mereka akan tampil tampil pada acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI pada 16 Agustus 2019 dan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019, di Istana Negara RI. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diwakili Kepala Seksi Kesenian, Saifuddin Zuhri memberikan apresiasi kepada dewan juri, peserta, dan juga pendamping.

“Saya sangat berterima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para dewan juri yang sudah berpartisipasi dalam audisi ini. Adik-adik semua yang mengikuti audisi dengan sabar, dan juga para pendamping tentunya kami sangat menghargai kerja kerasnya,” kata Saifuddin saat menutup acara.

Para pemenang lainnya, antara lain Laila Nurjana (Bangka Tengah) Juara 2 sopran, Dedy Setiawan (Pangkalpinang) Juara 2 bass, Gregorius Seto A (Belitung) Juara 2 Tenor, dan Felia Karunia (Belitung Timur) Juara 2 Alto.

Dan para Juara 3 diraih oleh, David Ivan Lie (Bangka Tengah) jenis suara tenor, Dinda Safitri (Bangka Tengah) jenis suara sopran, Sintara (Bangka Selatan) jenis suara sopran, dan Ferdy Anugerah (Belitung Timur) jenis suara bass.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Rafiq
Editor: 
Mamaq