Irup Upacara Penurunan Bendera di Babel Apresiasi Petugas Upacara

PANGKALPINANG - Irjen Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bertindak selaku Inspektur Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (17/08/2021).

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dihadiri Gubernur Babel, Erzaldi Rosman bersama Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah.
Selain itu, juga dihadiri lengkap oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel. 

Upacara berjalan tertib, dengan Komandan Upacara, AKBP Indra K, SI.K, S.H., M.Si. 
Dengan tegas, derap kaki para Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Babel berjalan melewati genangan air dan tanah yang baru saja diguyur hujan sebelum pelaksanaan upacara. 

Pakaian yang kotor, tampak tidak membuat hilang konsentrasi Komantan Peleton, Andhika Alhanif, Siswa SMA Negeri 1 Merawang yang lahir di Batu Rusa, 27 September 2005. Kebanggaan bagi Bapak Sayuti dan Ibu Anisyah Husdilah sebagai orang tua dari Andhika yang mampu memimpin Paskibraka Babel dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 RI.

Usai memberi hormat kepada Inspektur Upacara, diarahkan pletonnya untuk menempati posisi penurunan bendera. Sang Merah Putih, berhasil diturunkan tanpa kendala apapun dalam kondisi cuaca yang cukup mendung. 

Bendera Merah Putih diserahkan kepada Inspektur Upacara menggunakan baki yang dibawa oleh Gea Amanda, Siswi SMA Negeri 3 Pangkalpinang yang lahir di Kota Pangkalpinang, 08 Februari 2005. Gadis berparas cantik ini merupakan putri dari pasangan Bapak Alm. Muzakir dan Ibu Hermala. 

Usai pelaksanaan, Kapolda Anang mengatakan bahwa pelaksanaan upacara yang berlangsung dengan bagus, khidmat, dan rapi walaupun siang hari lapangan sempat diguyur hujan.

"Minimal hampir sempurna. Semua petugas melaksanakan tugasnya dengan baik dan semangat," ungkapnya. 

Hal ini dikatakannya, menunjukkan hal yang perlu kita contoh, dalam situasi apapun semangat kebersamaan tetap ditingkatkan dan dikedepankan

Usai pelaksanaan, diberikan apresiasi kepada Paskibraka Babel yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, dengan dikumpulkan dan diberi arahan oleh semua Forkopimda Babel. 

Pesan kepada generasi muda Babel juga diselipkan oleh Kapolda Anang untuk tetap dipahami dan dipelajari perjuangan bangsa ini. 

"Betapa sulitnya para pendahulu kita mencapai kemerdekaan ini. Bukan karena pemberian tetapi dengan keringat dan darah. Isilah kemerdekaan dengan hal positif bagi kemajuan bangsa dalam rangka mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Unggul, dan Indonesia Maju," pungkasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona dp
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Lisia Ayu