Jadi Tuan Rumah SAIK, Diskominfo Babel Berkoordinasi antar OPD Terkait

PANGKALPINANG -- Tahun ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK). Kegiatan berskala nasional tersebut diperkirakan bakal dihadiri ribuan peserta dari sejumlah penjuru Indonesia.

Berbagai persiapan dilakukan untuk mematangkan pelaksanaan kegiatan ini. Sebelumnya tim SAIK Kemenkominfo RI telah turun langsung melakukan survei lokasi. Sedangkan hari ini, Diskominfo Babel mengelar rapat koordinasi terkait momen besar ini.

Sudarman Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, biasanya kegiatan ini dihadiri Presiden atau minimal dihadiri menteri. Jadi diharapkan ada pendampingan protokoler dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Selain dari Diskominfo se Indonesia, kegiatan ini juga dihadiri sejumlah pegiat teknologi informasi," kata Sudarman saat memimpin Rakor Penyelenggaraan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) Tahun 2019, di Ruang Romodong Kantor Gubernur Babel, Jumat (14/6/2019).

Sementara untuk publikasi, Diskominfo Babel berkoordinasi dengan Humas. Sedangkan untuk Dinas Pariwisata, Kadiskominfo Sudarman berharap ada persiapan menggelar kegiatan budaya lokal. Sanggar yang akan ikut pertunjukan rakyat, hendaknya sudah terseleksi.

Selain itu, Dinas Pariwisata bisa memberikan rekomendasi destinasi wisata yang akan dikunjungi. Dua lokasi telah dikunjungi tim pusat yakni, kawasan wisata di Kabupaten Bangka dan Kabupaten Bangka Barat. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan dari pihak kabupaten.

Koordinasi ini bertujuan untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan. Kadiskominfo Sudarman menekankan, semua dinas terkait hendaknya dapat terlibat aktif. Seperti Dinas Perhubungan yang sangat diperlukan dalam hal mengatur transportasi.

"Sekarang tinggal melakukan efesiensi dan efektivitas pelaksanaan kegiatan. Setelah rakor ini, kemudian kembali berkoordinasi dengan Kemenkominfo yang akan dilakukan bulan ini juga," kata Kadiskominfo Sudarman.

Lebih jauh Padli Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Babel menjelaskan, kunjungan lokasi wisata sebaiknya dibuat per paket. Jadi peserta dapat memilih paket wisata yang ditawarkan. 

"Peserta SAIK saat perjalanan nantinya bisa didampingi oleh bujang dayang Bangka Belitung. Tentunya hal ini untuk menginformasikan sejumlah destinasi yang dilewati dan dikunjungi peserta SAIK," papar Padli.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli