Jadikan Perempuan Produktif, Komisi IV Dukung "Sekuntum Melati"

PANGKALPINANG - "Kami beri apresiasi kepada Pemerintah Provinsi khususnya  Dinas Pemberdayaan Perempuan Babel dan tentunya sangat mendukung pelaksanaan program Sekolah Perempuan "Sekuntum Melati," demikian disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jawarno saat mengawali sambutannya pada Jumat kemarin (29/10) di Alun-alun Desa Tanjung Gunung, Bangka Tengah. 

Bersama anggota komisi IV lainnya, mereka meninjau langsung kegiatan belajar "Sekuntum Melati" yang sedang berlangsung. Tampak hadir di antaranya Harianto, Marsidi, Toni Mukti, Dody Kusdian, serta Evi Junita. 

Rombongan disambut antusias oleh Kades Tanjung Gunung, Muslim, bersama Sekretaris DP3ACSKB Babel, Wardiah, dan seluruh peserta sekolah perempuan. 

Jawarno juga mengharapkan sekolah perempuan ini dapat dilaksanakan di desa lainnya, bila perlu di seluruh desa di wilayah Kepulauan Bangka Belitung dengan tenaga pengajar yang berkualitas seperti hari ini. 

"Karena ini adalah program dari DP3ACSKB yang juga mitra komisi IV, sudah pasti dukungan dari sisi anggaran akan kami lakukan," ungkap politisi Gerindra ini. 

Melengkapi, legislator Dapil Bangka Tengah, Harianto menyampaikan pelatihan yang diberikan hari ini seperi tata rias pengantin dan pengolahan  produk kemasan sangat tepat. Seperti diketahui di Desa Tanjung Gunung cukup banyak industri rumah tangga seperti produksi ikan asin. Dengan ilmu yang didapat dari kelas ini, ibu-ibu dapat mengemas produk lebih menarik dan mempunyai nilai jual lebih. Ini dapat menjadi salah satu cara membantu perekonomian rumah tangga. 

Salah satu peserta mengungkapkan bahwa tidak lama lagi kegiatan belajar sudah usai dan mereka akan diwisuda. 

"Karena keterbatasan anggaran dana desa, kami sangat berharap dapat dibantu untuk seragam," katanya.

Mengakhiri, Jawarno menyampaikan terkait bantuan tersebut semoga dapat ditindaklanjuti. Karena ada wakil ibu-ibu dari Bangka Tengah hari ini. 

"Tetapi pesan kami, walaupun sudah menjadi perempuan produktif setelah mengikuti kelas ini, jangan lupa dengan tugas utama yakni mengurus suami dan anak," ujarnya menutup kunjungan. 

Sumber: 
Publikasi Setwan Babel 2021
Penulis: 
Utari Marisa
Fotografer: 
Utari Marisa
Editor: 
Lisia Ayu