Jelang Event Besar Olahraga, KONI Babel Diminta Siap-Siap!

PANGKALPINANG -- Sedikitnya terdapat tiga event besar olahraga digelar dalam waktu dekat ini. Sejumlah event tersebut di antaranya, Kejurnas Pra-PON dan Porwil X Bengkulu 2019 dan PON XX Papua 2020. Diperkirakan sekitar ratusan atlet Bangka Belitung berlomba meraih kesuksesan prestasi di ajang bergengsi ini.

Syahruddin Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, ada beberapa event besar olahraga di antaranya, Porwil X di Bengkulu. Atlet Babel pernah menghasilkan prestasi gemilang di porwil sebelumnya. Minimal prestasi lima besar tidak lepas.

"Tahun 2022 nanti ada Porprov di Bangka Barat, hendaknya bisa menampilkan yang terbaik. Waktu untuk persiapan masih cukup panjang," kata Syahruddin saat Pembukaan Rapat Anggota KONI Babel Tahun 2019 di Hotel Grand Vella, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (21/8/2019). 

Event olahraga yang digelar di Bangka Belitung harus dikemas secara baik. Selanjutnya Syahruddin menambahkan, pemerintah ingin melihat kinerja KONI. Seperti sudah sejauhmana pelaksanaan program Babel Pacak. Program tersebut perlu dievaluasi pencapaiannya.

"Tahun ini dilakukan evaluasi, lalu membuat program ideal untuk mencapainya. Kegiatan rapat ini juga akan membahas program agar KONI terus bergerak maju," kata Syahruddin.

Sebagaimana diketahui, rapat KONI kali ini mengusung tema, "Tingkatkan Kebersamaan, wujudkan Sukses Prestasi pada Kejurnas Pra-PON dan Porwil X Bengkulu 2019 Menuju PON XX Papua 2020". Tema ini menjadi bagian pemicu semangat KONI memunculkan atlet berprestasi.

Hal senada disampaikan Mayjen TNI (Purn) Jacob Djoko Sarosa, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Pusat. Ia berharap  KONI Bangka Belitung dapat terus meningkatkan prestasi atlet. Sejumlah atlet berprestasi dibina untuk ikut serta dalam ajang PON di Papua mendatang.

"Bekerja keras membina prestasi atlet dan memperkuat organisasi. Sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bisa mengharumkan nama daerah dan nasional," saran Jacob.

Elfandi Ketua KONI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya meningkatkan prestasi di bidang olahraga. Porpov di Bangka Tengah sudah selesai dan terselenggara dengan baik. Tahun ini membicarakan dan menentukan berapa banyak atlet Babel ikut PON.

KONI dinilai dengan melihat prestasi yang diraih saat PON. Ia menambahkan, kelolosan atlet untuk mengikuti ajang PON sudah cukup banyak, beberapa cabor sebelumnya tidak diprediksikan bisa ikut PON, namun realitanya bisa. Seperti cabor takraw, balap sepeda, basket dan yang lainnya.

Sementara ini sudah ada 65 atlet Bangka Belitung lolos PON di Papua. Menurutnya, atlet bina raga Babel di Pra-PON mendapatkan medali emas dan ini menjadi modal untuk PON nanti. Sementara ini dukungan pemerintah sudah cukup maksimal.

"Tahun depan berharap pemerintah tetap memberikan perhatian. Terutama untuk ongkos keberangkatan atlet ke Papua. Ini perlu dibahas untuk mengantisipasi dan mencari solusi terbaik. Diperkirakan ada sekitar 100 sampai 120 atlet Babel lolos PON," kata Elfandi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli