Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional, Pemprov Babel Kembali Gelar Pasar Murah

Pangkalpinang - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung kembali  gelar Operasi Pasar Murah jelang  Lebaran  1440 H mendatang.  
 
Kegiatan pasar  murah ini diinisiasi dalam rangka menyediakan bahan pokok dengan harga yang terjangkau. Hal ini disampaikan oleh Kadis Disperindag Sunardi saat memberikan laporannya pada Kegiatan FGD Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Rapat Tanjung Pesona Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari ini (13/4).
 
“ Operasi pasar murah telah diagendakan di Disperindag yakni sebanyak 49 kali selama tahun 2019 ini, 45 kali pasar murah bersumber dari APBD sedangkan sisanya dari APBN. 
 
Terkhusus kegiatan pasar murah yang di agendakan menjelang Hari Raya  Idul Fitri yakni sebanyak 9 kali pasar murah yang terfokus  di kota Pangkalpinang.
 
Pelaksanaan pasar murah pertama telah dilaksanakan pada tanggal 09 Mei 2019 di Lapangan  Palas, Rejosari , kemudian pada  tanggal 10 Mei 2019 di Halaman Kantor Camat Koba Bangka Tengah , Tanggal 11 Mei 2019 di Taman Kota,  Sungailiat dan hari ini (13/5) dilaksanakan di Simpang Lima, Toboali Kabupaten Bangka Selatan," ujarnya.
 
Selanjutnya beliau mengungkapkan bahwa operasi pasar murah selanjutnya akan diadakan pada tanggal 16 Mei 2019 di Terminal Girimaya, Pangkalpinang ; 20 Mei 2019 di Halaman Kantor Camat, Muntok ; 22 Mei 2019 di Kampung Kramat, Pangkalpinang; 24 Mei 2019 di Kantor Lurah Rangkui dan terakhir pada tanggal 26 Mei 2019 di Alun-Alun Pangkalpinang. 
 
Berkenaan dengan pasar murah  tersebut, Kepala Dinas Pangan, Damiri mengungkapkan bahwa Dinas Pangan juga masih akan mengadakan rangkaian operasi pasar murah sebanyak 4 kali lagi sebelum Hari  
 
“ Untuk kegiatan operasi pasar murah telah dilaksanakan 8 kali operasi pasar  sehingga  masih ada 4 kali operasi pasar yang belum terlaksana jelang lebaran. Dalam kegiatan operasi pasar ini juga melibatkan dinas terkait lainnya seperti Disperindag, Dinas Pertanian, serta Bulog” ungkapnya. 
Yan Megawandi selaku Ketua Tim TPID mengharapkan agar semua jadwal operasi pasar dapat dikoordinasikan sehingga apabila ada tambahan jadwal operasi pasar murah dari instansi lain dapat segera kita informasikan kepada masyarakat.
 
“ Saya harap kegiatan operasi pasar murah ini dapat diketahui oleh masyarakat, dan pelaksanaannya dapat kita lihat apakah masih perlu diadakan tambahan jadwal terkait operasi pasar murah tersebut.
Karena di setiap Kabupaten/Kota juga pasti menggelar kegiatan operasi pasar murah “ ujarnya.
 
Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Setda, Yan Megawandi dan dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel, Yanuar, Kadis Pangan,  Damiri,  Kepala Bulog Sub Divre Bangka, Taufiqurokhmah TD,  Kepala Biro Perekonomian Setda Babel, Saimi,  Perwakilan Bank Indonesia,  serta distributor bahan pokok di Bangka Belitung. 
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imeldarina Ginting
Fotografer: 
Imeldarina Ginting
Editor: 
Fitra