Jumlah Penerima Beasiswa Terus Meningkat

Mendobarat – Tahun ini sebanyak 200 mahasiswa/mahasiswi baru mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terhitung sejak tahun 2014 sampai 2016 sudah terdapat 511 mahasiswa menerima beasiswa. Upaya meningkatkan sumber daya manusia, ditargetkan tahun 2017 terdapat penambahan 1000 penerima beasiswa.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, target di tahun 2017 nanti terdapat 1000 penerima beasiswa. Selain itu ada program kartu Bangka Belitung Cerdas dan Babel Bisa untuk pelajar berprestasi dan kurang mampu secara ekonomi. Sehingga target penuntasan program wajib belajar 12 tahun dapat tercapai.

Peningkatan kualitas SDM akan terus dilakukan. Ia menambahkan, ini sesuai visi misi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Salah satunya melalui program beasiswa bagi lulusan SMU/SMK/MA yang kurang mampu secara ekonomi. Program beasiswa ini memberikan kesempatan kepada pelajar yang berpotensi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Kesempatan ini harus dimanfaatkan secara maksimal. Jangan disia-siakan dan jangan pernah tidak percaya diri untuk meraih cita-cita. Raihlah cita-cita itu dengan semangat dan kegigihan," tegas Gubernur saat menghadiri acara talkshow dengan mahasiswa penerima beasiswa tahun akademik 2016/2017 di Hotel Aksi Desa Kace, Mendo Barat, Kamis (29/9/2016).

Tujuan program beasiswa ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendidik pemuda menjadi pemimpin.  Menurut Gubernur, pemerintah provinsi ingin melahirkan lulusan yang mandiri dan produktif serta memiliki kepedulian sosial. Selain itu menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa pemimpin, rasa kepedulian kepada lingkungan serta berperan dalam pengentasan kemiskinanan.

M Soleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, program beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi. Pelaksanaan pogram sudah memasuki tahun ketiga dan diberikan kepada mahasiswa berdomisili dan ber KTP di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pemberian beasiswa selama empat tahun atau delapan semester. Ia menambahkan, seleksi penerima beasiswa ini dilakukan masing-masing kampus yang menjadi mitra pemerintah provinsi dalam program ini. Pemberian beasiswa ini untuk meningkatkan kualitas SDM, sehingga dapat mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) di bidang pendidikan.

“APK Bangka Belitung meningkat, karena adanya beasiswa bagi pelajar yang tidak mampu untuk bisa kuliah ke perguruan tinggi. Saat ini APK sudah mencapai 22 persen dan program ini akan terus berjalan. Pemerintah provinsi berharap agar program wajib belajar 12 tahun dapat tuntas pada tahun 2019 mendatang," harapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra