Jumlah Wisnu Turun, Jumlah Wisman Meningkat

Pangkalpinang – Kendati terjadi penurunan jumlah wisatawan nusantara (wisnu), namun terdapat peningkatan jumlah wisatawan manca negara (wisman) yang berkunjung ke Bangka Belitung (Babel). Februari lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) Babel mencatat jumlah tamu yang menginap di hotel berbintang Bangka Belitung, baik wisnu maupun wisman sebanyak 11.197 orang.

Januari lalu, kata Teguh Pramono Kepala BPS Bangka Belitung, jumlah wisnu maupun wisman yang menginap di hotel berbintang ada sekitar 13.190 orang. Namun di bulan Februari terjadi penurunan angka sekitar 1.993 orang. Penurunan jumlah tamu tersebut untuk wisnu yaitu 11,56 persen, atau menjadi 11.051 orang. Sedangkan untuk jumlah wisman atau tamu asing meningkat sebesar 43.14 persen. Pasalnya pada Januari BPS mencatat hanya 102 orang tamu asing, lalu pada Februari menjadi 146 tamu asing.

“Mengenai Tingkat Hunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Bangka Belitung pada Februari 2013 yaitu naik 2,2 poin menjadi 34,8 persen dibandingkan Januari 2013 yang hanya sebesar 32,6 persen,” ungkap Teguh saat jumpa pers di Kantor BPS Bangka Belitung, Senin (1/4/2013).

Nilai TPK hotel berdasarkan kabupaten/kota, jelas Teguh, di bulan Februari mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding Januari 2013. Peningkatan yang terbesar terjadi pada TPK hotel berbintang di Kota Pangkalpinang yaitu mencapai 14,4 poin. Urutan angka TPK ini diikuti Kabupaten Bangka 4,5 poin. Sementara di Kabupaten Belitung dan Bangka Tengah mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu masing-masing sebesar 3,4 poin dan 5,1 poin.

“Kalau terbagi atas klasifikasi hotel bintang yang memiliki nilai TPK tertinggi di bulan Februari, hotel berbintang tiga berada di angka 39,55 persen, dibandingkan dengan nilai TPK hotel berbintang lainnya. Selanjutnya diikuti TPK hotel berbintang dua sebesar 38,06 persen, bintang empat dan lima sebesar 30,10 persen. Sementara TPK untuk hotel berbintang satu hanya sebesar 25,82 persen saja,” jelasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, pada Februari lalu rata-rata lama tamu menginap di hotel berbintang selama 2,09 hari. Angka ini naik 0,13 hari jika dibandingkan rata-rata lama tamu menginap sebulan sebelumnya yang hanya 1,96 hari. Secara total rata-rata lama tamu asing menginap lebih panjang 0,3 hari dibandingkan dengan tamu Indonesia. Jadi lama menginap tamu asing berada di angka 2,39, sementara tamu nusantara hanya 2,09 hari.

“Kondisi tersebut kemungkinan karena wisatawan atau tamu hotel yang ada pada Februari  2013, merupakan wisatawan atau tamu wisata yang benar-benar berlibur atau melakukan perjalanan wisata,” paparnya.

Sementara itu, rata-rata lama menginap tamu hotel berbintang baik asing maupun Indonesia, terlama ada di hotel yang terletak di Pangkalpinang. Dijelaskan Teguh, lama tamu menginap tamu di hotel berbintang Pangkalpinang yaitu 2,27 hari. “Sedangkan rata-rata lama menginap tamu hotel berbintang baik asing maupun Indonesia yang terpendek terjadi di hotel berbintang yang ada di Kabupaten Bangka Tengah yaitu 1,51 hari saja,” tegasnya.(hzr/an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Huzari