Kak Melati : Meski Sedang Pandemi, Bukan Berarti Kreativitas Terhenti

 

PANGKALPINANG – Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi yang akrab disapa Kak Mel, berikan motivasi kepada anak-anak pramuka di SD Islam Terpadu Al-Bina, Sabtu (27/03/2021).
Kak Mel mengatakan bahwa sebagai pramuka harus menunjukkan jiwa semangat dan optimisme di tengah-tengah pandemi. 

Pandemi yang telah melanda seluruh dunia ini telah berlangsung selama lebih satu tahun, namun bukan berarti masyarakat menjadi terbelenggu kreatifitasnya. Untuk itu Kakwarda berpikir bagaimana caranya agar adik-adik pramuka tetap termotivasi untuk bergerak menjadi seorang pramuka dengan mengadakan berbagai kegiatan.

“Sudah setahun lebih kita menghadapi pandemi, bukan berarti kreatifitas terhenti. Kita selalu berupaya bagaimana caranya adik-adik tetap termotivasi. Karena itu, kita jangan pernah berhenti berpikir, jangan pernah berhenti berkreasi, "ujar Kak Mel.

Selain itu, menurut Kak Mel, pramuka adalah wadah pendidikan. Meskipun begitu, jangan jadikan beban jika bergabung dengan pramuka. Karena dalam pandangan Kak Mel, anak pramuka adalah anak-anak yang cakap, tangguh, selalu ceria dan selalu berpikiran positif.

Hal ini diungkapkan Kak Mel saat memberi motivasi pada kegiatan SD Islam Terpadu Al-Bina, yaitu Pramuka Mabit dan Training Motivasi, dengan tema kreatif, inovatif, berbudi (KIBAR)  yang bertujuan untuk membentuk karakter manusia yang religius dan nasionalis. 

Kak Mel juga berharap kegiatan pramuka di SD Islam Terpadu  Al-Bina tidak hanya sekedar menjalankan peraturan pemerintah, tapi juga mendidik anak-anak agar memiliki sifat akhlakul karimah, yaitu sifat mulia, terpuji, atau sikap baik yang sesuai dengan ajaran Islam. Tentunya para pendidik dan pembina diharapkan selalu meningkatkan keilmuannya untuk memberikan pendidikan yang terbaik.

“Untuk itu para kakak Pembina didorong agar terus mengupgrade ilmunya dengan mengikuti sertifikasi-sertifikasi yang kami adakan. Artinya, ilmu yang dibagikan oleh kakak-kakak kepada para adik-adik dapat dipertanggung jawabkan,” pungkasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Imelda