Kakwarda Babel Bahas Kesiapan Peran Saka Nasional 2021 di Bangka Belitung

PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel) Melati Erzaldi menyampaikan paparannya terkait kesiapan pelaksanaan Perkemahan Antar Saka Pramuka Tingkat Nasional (Peransakanas) tahun 2021 yang akan berlangsung di Bangka Belitung.

Pemaparan itu dilakukan Kakwarda Melati dalam Rapat Koordinasi (rakor) Kesiapan Peransakanas tahun 2021, di Ruang Rapat Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Babel, Jumat (10/7/20) siang.

Dalam paparannya itu, Kakwarda Melati menyampaikan, sesuai dengan arahan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) yang mengharapkan Bangka Belitung untuk menjadi tuan rumah kegiatan nasional, Kwarda Babel pada tahun 2019 mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan agenda nasional kwartir nasional gerakan pramuka yaitu peransakanas, kepada Ketua Kwarnas Budi Wasesa.

Peransakanas Bangka Belitung pada awalnya akan diselenggarakan pada tahun 2020 ini. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19, maka agenda nasional empat tahunan ini ditunda. Peransakanas akan kembali dilaksanakan di Bangka Belitung tahun 2021 setelah Kwarda Babel mengajukan kembali ke kwarnas.

Agar kegiatan Peransakanas Bangka Belitung dapat berjalan lancar, sukses, serta membawa nama baik Bangka Belitung dan kenangan bagi peserta seperti pada pelaksanaan Perkemahan Bakti Saka Widya Budaya Bakti ( SWBB) tingkat nasional tahun 2018 silam. Pihaknya mengharapkan dukungan dan peran serta forkopimda dan seluruh perangkat daerah di Lingkup. Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung khususnya dalam rangka persiapan dan pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai.

Menurutnya, dengan peran serta, sinergisitas, dan kesiapan dari seluruh instansi, Peransakanas Bangka Belitung tahun 2021 yang akan diikuti lebih dari 6.000 peserta akan berjalan sukses. Hal ini juga mampu memberikan "multiplier effect" bagi perekonomian Bangka Belitung.

Kakwarda Melati juga memaparkan beberapa fasilitas yang akan menjadi lokasi perkemahan dan subcamp pelaksanaan Peransakanas Bangka Belitung tahun 2021.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Naziarto saat memimpin jalannya rakor mengatakan, mengingat besarnya skala acara dan peserta yang mencapai 6.765 peserta, peransakanas tahun 2021 ini harus benar-benar dipersiapkan. Dalam pertemuan ini dibahas kepanitiaan serta tugas dan yang harus dikerjakan oleh masing-masing panitia yang terdiri dari instansi dan lembaga baik forkopimda maupun instansi pemerintah di Lingkup. Kepulauan Bangka Belitung.

Diharapkan Sekda Naziarto seluruh instansi harus berperan serta dan mendukung kegiatan ini agar dapat mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rakor diikuti oleh Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung, wakil ketua, pengurus, dan anggota Kwarda Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Listya