Kakwarda Melati Erzaldi Paparkan Kesiapan Peransakanas 2020 Kep. Bangka Belitung

CIBUBUR - Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kep. Bangka Belitung, Melati Erzaldi, memaparkan kesiapan Kep. Bangka Belitung yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Antar Saka Pramuka Tingkat Nasional (Peransakanas) Tahun 2020, di Aula Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Kamis (20/2/20). 

Kegiatan ini merupakan rangkaian Kegiatan Rakernas Pramuka 2020, yang dipimpin Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Saka Sako dan Gugus Darma, Laksamana Muda (Purn.) Kingkin Suroso.

Di hadapan para kwartir daerah seluruh Indonesia, Kakwarda Kep. Babel, Melati Erzaldi, menjelaskan penunjukan Kep. Bangka Belitung sebagai tuan rumah peransakanas berdasarkan Surat Kwarnas No. 151 Tahun 2019 tentang Peransakanas Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Kakwarnas Komjen Purn. Budi Waseso.

Peransakanas tahun 2020 Kep. Bangka Belitung direncanakan dilaksanakan pada tanggal 1-7 Desember 2020 di Bumi Perkemahan Depati Amir Kwarda Babel, Balunijuk, Kabupaten Bangka, yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas di tapak perkemahan yang cukup untuk 8.000 peserta.

Sebagai subcamp dan lokasi kegiatan, ada beberapa alternatif pilihan seperti Air Jangkang, BPP Air Pelempang, Hutan Wisata Pelawan, Pulau Lepar Pongok, Lokasi Rusunawa Kampung KB Pangkalpinang, dan Masjid Kayu Tua Tunu, terbagi sesuai dengan satuan karya masing-masing.

Kakwarda Melati Erzaldi juga menjelaskan gambaran rute transportasi yang bisa ditempuh baik dengan moda transportasi udara maupun laut, termasuk rute dan jarak tempuh antar lokasi serta transportasi pendukung yang salah satunya akan menggunakan KRI Banda Aceh dan Pesawat Hercules sebagai transportasi pendukung. Untuk itu, dirinya meminta dukungan kwarnas agar hal ini terwujud.

Kakwarda Melati Erzaldi juga memaparkan berbagai rangkaian kegiatan dan penyiapan homestay yang akan melibatkan masyarakat setempat.

Ditemui usai menyampaikan paparannya, Kakwarda Melati Erzaldi merasa cukup puas dan mengaku sukses saat memberikan paparan di hadapan para peserta rakernas, walau hanya beberapa menit. Bersama Kelompok Kerja Peransakanas Kwarda Babel, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu seperti yang telah diungkapkan dalam paparan. Semuanya itu dilakukan agar Pelaksanaan Peransakanas 2020 Kep. Bangka Belitung berjalan lancar dan sukses, serta memberi kenangan tersendiri bagi para peserta. Untuk itu Kakwarda Melati Erzaldi mengajak seluruh anggota pramuka di seluruh Kwarda se-Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam ajang ini.

"Saya mengundang Kakak-kakak semua untuk hadir dan mengikuti Kegiatan Peransakanas 2020 yang berlangsung di Provinsi Kep. Bangka Belitung. Saya tunggu kehadirannya, yang pasti saya jamin akan memberikan kenangan Indah bagi Kakak-kakak sekalian. Selain untuk meningkatkan kemampuan para saka pramuka," ungkapnya.

Ke depan, selain mempersiapkan dan melengkapi lokasi dan maincamp serta subcamb, pihaknya juga akan segera berkoordinasi dengan kwarnas, terkait kelengkapan yang harus dipenuhi untuk menyukseskan acara.

Wakil Ketua (Waka) Bidang Kwarda Babel ikut mendampingi serta juga menjadi peserta rakernas.

Sebelumnya, bersama kakwarda daerah lain, Kakwarda Kep. Babel, Melati Erzaldi, mengikuti kegiatan makan pagi bersama Kwarnas Komjen. Purn. Budi Waseso.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Listya