Kampung Pangan Halal menuju Bangka Belitung Berkah

Pangkalpinang - Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat membuka acara Sosialisasi Kampung Pangan Halal mengatakan saat ini untuk memajukan pembangunan Bangka Belitung harus melompat lebih maju, jangan lagi melangkah. Sebab menurutnya jika masih melangkah pasti akan tertinggal jauh. Salah satu program yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Bangka Belitung adalah mewujudkan Kampung Pangan Halal untuk mendapatkan keberkahan.
 
" Makna pangan halal ini adalah keberkahan. Jadi jika kita mengkonsumsi makanan yang halal ini sudah pasti berkah dan sehat, " ungkap nya di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (15/4/2019).
 
Erzaldi mengatakan Bangka Belitung sejak dahulu sudah lama berkeinginan untuk mentransformasikan sektor pertambangan ke sektor pariwisata. Dan ini harus didukung oleh Kampung Pangan Halal. Menurut Erzaldi untuk mewujudkan Kampung Pangan Halal ini harus terlebih dahulu memproduksi produk makanan halal. Artinya setiap desa itu harus bersih, mulai dari lingkungan, tempat tinggal dan juga makanan nya.
 
" Demi mewujudkan kesadaran halal menuju Babel destinasi kelas dunia, kita harus mendukung dan mendorong masyarakat untuk mengikuti program halal ini, Insha Allah berkah, " ungkapnya.
 
Sementara itu Ketua Umum MUI Provinsi Bangka Belitung Zayadi mengatakan kegiatan ini adalah upaya memberikan kesadaran kepada masyarakat khususnya di Bangka Belitung untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal. Sebab, menurutnya hal ini adalah perintah Al-Quran dan wujud kasih sayang Allah SWT kepada umat manusia. Ia menjelaskan, semua makanan yang halal itu sudah pasti terjamin dan baik untuk kesehatan manusia.
 
" Mengkonsumsi makanan yang halal adalah perintah Al-Quran dan ini wujud kasih sayang Allah SWT kepada kita. Makanan yang halal itu sudah terjamin dan pasti baik untuk kesehatan kita, " ungkapnya.
 
Ia juga mengatakan ketika manusia sudah mengkonsumsi makanan yang halal berarti ia sudah menjaga dirinya dari mengikuti kehendak setan. Konsumsi makanan yang halal dapat memberikan dampak positif kepada manusia. Dan tentunya semua agama menginginkan proses makanan halal. Untuk itu, melalui kegiatan ini Ia menghimbau agar seluruh masyarakat Bangka Belitung dapat selalu mengkonsumsi makanan yang halal.
 
Lebih jauh Zayadi mengatakan kegiatan ini dihadiri oleh 100 orang peserta perwakilan setiap Kepala Desa yang ada diseluruh wilayah di Pulau Bangka. Menurutnya, acara ini sudah dilaksanakan dua kali di dua tempat di Pulau Belitung dan di Pulau Bangka.
 
" Kita menghadiri 100 Kepala Desa agar nantinya dapat memilih desa mana yan  bisa dijadikan Kampung Pangan Halal. Tujuannya untuk membangun kesadaran halal menuju Bangka Belitung destinasi halal kelas dunia, " tuturnya.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fitra