Kendati Sasana Tinju Masih Terbatas, Gubernur Yakin Atlet Babel Bisa Terus Mengukir Prestasi

PANGKALPINANG -- Pengembangan prestasi di bidang olahraga terus ditingkatkan. Kendati fasilitas di Bangka Belitung masih minim, berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan prestasi atlet. Salah satu cara yakni, mengirim atlet berlatih di Jakarta.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, sarana sasana tinju di Bangka Belitung masih belum banyak, kendati demikian atlet Bangka Belitung bisa melakukan latihan dimanapun. Contohnya Ilham yang berlatih di Sasana Dirgantara Jakarta.

Ada dua atlet tinju bernama Ilham dari Bangka Belitung menjalani pelatihan di Sasana Dirgantara, Jakarta. Satu Ilham berlaga di kejuaraan profesional, dan Ilham lainnya berlaga di kejuaraan amatir. Untuk Ilham kelas amatir diharapkan dapat membawa nama harum Bangka Belitung di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Tahun depan ada lagi Joni, atlet tinju amatir yang diharapkan dapat membawa nama baik Bangka Belitung. Dimanapun atlet ini berlatih, tetap menjadi kebanggaan daerah. Sebab sasana di Bangka Belitung masih terbatas," kata Gubernur Erzaldi usai bertemu Ilham Loesa Juara Tinju WbC ABCO Asia, di Kantor Gubernur, Kamis (15/3/2018).

Tak hanya fasilitas. Menurut Gubernur Erzaldi, saat ini Bangka Belitung juga masih mengalami keterbatasan pelatih. Tinju bukan olahraga sembarangan, karena membutuhkan teknik, kesehatan dan stamina kuat. Sehingga proses menuju kejuaraan bukan hanya sekedar latihan.

Jika sebelum tanding tidak diikuti latihan secara baik, dapat menyebabkan atlet cidera. Langkah Pertina Bangka Belitung mengirim atlet berlatih di Jakarta merupakan langkah tepat. Diharapkan, pelatihan tersebut dapat meningkatkan prestasi atlet tinju.

Pernyataan senada disampaikan Suharto Kepala Dinas Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurutnya daerah ini memiliki duta-duta olahraga berprestasi. Sejumlah prestasi yang diukir ini dapat mengangkat nama baik Bangka Belitung di tingkat nasional hingga asia.

"Ini merupakan pertanda, Bangka Belitung sangat mempunyai potensi sebagai destinasi wisata olahraga. Bulan depan kita akan melakukan pembibitan pelatih, dan program ini sangat berkaitan dengan peningkatan prestasi," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Irwanto