Kepala SKPD Babel Harus Bergelar Doktor

Pangkalpinang, Rabu (10/7). Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Eko Maulana Ali menginginkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, harus bergelar doktor. Harapan itu disampaikan Gubernur Eko Maulana ketika memimpin briefing dengan seluruh kepala SKPD Babel, di Ruang Pertemuan Kantor Gubernur, Rabu (10/7).

“Pada tahun 2015 nanti, saya ingin sekian persen dari Kepala SKPD Babel sudah harus jadi doktor. Hal ini untuk meningkatkan daya saing dan kompetensi Bangka Belitung secara nasional,” ujar Eko.

Menurutnya, seorang pemimpin memiliki tanggung jawab untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Dia akan menciptakan SDM tersebut untuk lebih baik daripada pemimpinnya. “Apabila dia (PNS) potensial, maka harus diusulkan untuk melanjutkan pendidikan Strata 3. Agar setelah masa belajar nanti, dia dapat mengabdikan ilmunya di Babel,” tambahnya.

Dalam briefing tersebut, Gubernur Babel Eko Maulana Ali juga mengingatkan para Kepala SKPD untuk kembali fokus pada visi dan misi Pemprov Babel. Dengan tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri, dan tetap mengacu kepada kebijakan sentral yang dibuat oleh gubernur. Terutama dalam hal pelayanan publik dan administrasi pemerintahan.

Oleh karena itu, kebijakan strategis yang tertuang dalam visi-misi SKPD hendaknya dapat terus memperkuat visi dan misi Pemprov Babel yang sudah dirumuskan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Babel masa jabatan 2012-2017.

“Dengan mematuhi kebijakan sentral, maka tidak akan terjadi penyimpangan di lapangan,” ujarnya seraya menambahkan bahwa kepala SKPD harus mengedepankan koordinasi dan musyawarah dalam mengambil keputusan. Selain untuk memudahkan kelancaran pekerjaan, koordinasi dan musyawarah juga dapat menciptakan keterbukaan dalam pekerjaan.

Di akhir arahannya, Gubernur Eko Maulana Ali meminta kepala SKPD bisa bersikap adil dan professional dalam bertindak. Terutama dalam proses usulan mutasi para pejabat eselon 3 dan 4 di SKPD masing-masing.

Rolling pejabat, menurut Gubernur Babel, harus mengacu pada formasi dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Sehingga tercipta kompetensi yang baik dan benar.

Gubernur juga meminta seluruh pejabat untuk selalu bersemangat dan menjaga kesehatan dalam rangka menjalankan tugas serta meningkatkan pelayanan publik. (karina/risky)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Karina | Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Karina