Keterbatasan Anggaran tak Membuat Diskominfo Babel Lelah Berinovasi

BELITUNG TIMUR -- Kendati anggaran kegiatan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih minimalis, namun terus berinovasi. Hal ini bertujuan mendukung visi dan misi kepala daerah. Salah satu langkah yang dilakukan yakni, pengadaan hotspot untuk wilayah tertentu.

Sudarman Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka menjelaskan, untuk melaksanakan sejumlah kegiatan di bidang teknologi informasi, harus ada sinergi antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten kota.

"Kalau perlu dalam rakor ini kita sepakati agar Diskominfo mendapatkan anggaran satu persen dari APBD," kata Kadiskominfo Sudarman saat menyampaikan materi Rakor Diskominfo se Bangka Belitung, di Guest Hotel, Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (14/2/2019).

Diskominfo mempunyai bidang penyebarluasan informasi. Dikatakan Kadiskominfo Sudarman, karena keterbatasan dana maka dibuatkan strategi melibatkan kelompok masyarakat agar ikut menyebarkan informasi. Ke depan, penyebarluasan informasi harus sampai ke pelosok desa.

Lebih jauh Kadiskominfo Sudarman menjelaskan, jangan sampai masyarakat tidak mengetahui perkembangan informasi. Untuk itu, diseminasi informasi hendaknya melibatkan sejumlah Diskominfo di kabupaten kota, dengan mengirimkan berita ke pengelola website milik provinsi.

"Jawa Timur mengirim berita ke media center pusat, sehari mencapai 30 berita. Sementara untuk Bangka Belitung belum sebanyak itu. Selain website versi laptop, kita sudah membuat app siBabel yang bisa diakses di google play," jelas Kadiskominfo Sudarman.

Sebelumnya, Taufik pemateri dari BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, terdapat tiga langkah menuju masyarakat informasi. Komponen pertama, lCT readiness mencerminkan tingkat infrastruktur yang memiliki jaringan dan akses TIK. 

Komponen kedua, ICT use (intensity) mencerminkan tingkat penggunaan TIK dalam masyarakat. Ia menambahkan, komponen ketiga ICT impact mencerminkan efisiensi dan efektivitas penggunaan TIK. Tiga komponen ini saling berkaitan.

"Ini diperlukan untuk memaksimalkan dampak penggunaan TIK. Keseluruhan komponen tersebut merupakan konsep tiga Iangkah menuju masyarakat informasi," jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Yusrizal
Editor: 
Padli