KIM Berperan Membangun Daerah

Pangkalpinang – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berperan penting dalam pembangunan daerah. Sebab informasi yang dikelola KIM dapat dijadikan dasar menjalankan pembangunan. Sehingga pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat bermanfaat dan benar-benar dibutuhkan masyarakat.

Jon Tuahdi Saragih Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, adanya KIM di suatu daerah diharapkan dapat mengubah sikap, perilaku dan pola pikir masyarakat ke arah lebih baik. Selain itu, informasi yang dikelola KIM dapat dijadikan bahan pengembangan dan pembangunan daerah.

Dulu, pembangunan dilakukan berdasarkan kepentingan dari atas. Ia menjelaskan, lain halnya dalam menjalankan pembangunan sekarang ini. Pembangunan dilakukan berdasarkan kebutuhan masyarakat. Untuk itu KIM dinilai cukup penting, sebab dapat menjadi wadah informasi menguntungkan, baik bagi pemerintah maupun masyarakat.

“Keberadaan KIM harus saling menguntungkan, baik masyarakat maupun pemerintah,” jelasnya saat menyampaikan materi Sosialisasi KIM wilayah Bangka Tengah, di Sun Hotel, Senin (29/9/2014).

Kemajuan teknologi memicu terjadinya penyebaran informasi begitu cepat. Menurutnya, keberadaan KIM tersebut dapat menjalankan peran sebagai penyeimbang dan penyaring informasi. Karena kedudukan KIM berada di desa, kelurahan maupun perkampungan, sehingga KIM benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Kendati demikian, jelasnya, KIM bukan merupakan organisasi massa. KIM dibentuk dari kelompok-kelompok yang ada di masyarakat, seperti kelompok nelayan, petani maupun karang taruna. Kelompok ini harus melembaga dan mempunyai struktur organisasi, sehingga fungsinya dapat menguatkan peran pemerintah di daerah.

“Karena kedudukan KIM di kelurahan, maka keberadaan KIM hendaknya diketahui dan di SK-kan oleh kepala desa,” paparnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari