KIM Harus Mampu Memanfaatkan Informasi

Simpang Katis – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) harus mampu menguasai informasi. Sebab dengan informasi hidup dapat menjadi mudah dan murah. Selain itu, kemampuan mengolah informasi diharapkan dapat menopang dan memberi kemudahan bagi kehidupan.

Demikian dikatakan Sahring Kabid Aptel Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat kegiatan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di gedung pertemuan Kantor Kecamatan Simpangkatis, Senin (27/4/2015).

Melalui KIM masyarakat bisa menguasai informasi di bidang pekerjaan, sehingga berdampak terhadap peningkatan taraf kehidupan. Ia menambahkan, jika mempunyai kemampuan mengolah informasi, membuat masyarakat mengetahui bagaimana dan harus kemana memasarkan hasil pertanian atau hasil tangkapan ikan.

“Ada perbedaan kehidupan masyarakat yang mampu mengolah informasi dengan masyarakat yang tidak dapat mengolah informasi,” jelasnya.

Kegiatan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertujuan agar kelompok masyarakat dapat mengelola informasi dengan baik. Ia menambahkan, sebab hasil sosialisasi di tujuh kabupaten/kota tahun lalu, sudah ada kelompok-kelompok masyarakat dari bidang pekerjaan. Tetapi sejumlah kelompok ini belum memaksimalkan peran penting mengolah informasi.

“Terbitnya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik telah membuka ruang bagi masyarakat untuk mengakses informasi secara luas. Masyarakat seharusnya dapat memanfaatkan kesempatan ini,” ungkapnya.

Tak hanya itu. Ia mengatakan, melalui Dinas Komunikasi dan Infomatika, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ingin membekali masyarakat yang tergabung dalam KIM dengan pengetahuan mengenai pengelolaan infomasi berbasis teknologi.

“Pemerintah ingin memberikan motivasi membangkitkan keinginan masyarakat mengolah informasi untuk meningkatkan taraf ekonomi,” jelasnya.

Sumber: 
KIM Nameng Bangka Tengah
Penulis: 
Romansyah
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Huzari