KIM Harus Pandai Memilih Informasi

Toboali – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) harus pandai memilah dan memilih informasi terpercaya dan bermanfaat bagi masyarakat. Sudah seharusnya KIM di Kabupaten Bangka Selatan mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Anggota kelompok harus bersinergi, sebab fungsi dan peran kelompok sangat penting untuk meringankan pekerjaan.

Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, salah satu tugas dan fungsi instansi terkait bidang komunikasi dan informasi yaitu memfasilitasi, memberikan dan membantu masyarakat mendapatkan informasi. Khususnya informasi yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“KIM melakukan penggelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah dalam rangka menuju kesejahteraan bersama,” jelasnya saat membuka acara Pemberdayaan KIM di Hotel Marina Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (13/10/2016).

Pemberdayaan KIM bertujuan agar masyarakat dapat mengelola informasi secara baik dan benar. Ia menegaskan, informasi yang dikelola KIM harus memberikan dampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat. Perkembangan informasi sudah sangat luar biasa, informasi dalam segala hal dapat diperoleh secara cepat dan mudah.

Menurut Noviar, kelompok yang baik terbentuk karena anggotanya mempunyai visi dan misi sama untuk saling memenuhi kebutuhan. Sesama anggota kelompok harus saling memberikan motivasi demi tercapainya tujuan bersama. Banyak media dapat digunakan untuk menyebarluaskan informasi seperti poster ditempel di tempat mudah dibaca atau media sosial seperti, facebook dan twitter.

"Jadikan media sosial sebagai media yang dapat memberikan peran menyebarluaskan informasi bermanfaat," sarannya.

Rom Rodana Kepala Dishubkominfo Bangka Selatan mengatakan, dulu KIM seperti kelompencapir. KIM bisa sebagai wadah masyarakat dalam mendapatkan dan menyampaikan informasi. Tahun 2017, Kabupaten Bangka Selatan berencana membentuk KIM di setiap kecamatan se Kabupaten Bangka Selatan. Sebab dearah ini sangat banyak sumber daya alam seperti ikan, belacan yang sangat terkenal.

“Mudah-mudahan KIM bisa disosialisasikan secara baik. Zaman sekarang, bisnis memasarkan produk dapat menggunakan online, jadi harus selalu tanggap terhadap perubahan informasi. Berselancar di media sosial yang sudah digunakan jutaan pemakai sehingga bermanfaat,” paparnya.

Sementara Evani Ketua Panitia Kegiatan Pemberdayaan KIM mengatakan, maksud kegiatan ini untuk memberikan penguatan agar KIM bisa melakukan aktivitas sesuai fungsi umum dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sedangkan tujuan kegiatan untuk memperkuat kelembagaan KIM sebagai pusat informasi.

“Selain itu untuk memperkuat anggota KIM sebagai pengumpul, pengelola dan penyebar luasan informasi. Pelayanan KIM kepada masyarakat harus ditingkatkan. KIM harus bisa mengelola jaringan, meningkatkan rasa memiliki anggota dan meningkatkan semangat sebagai pelayan informasi kepada publik,” ungkapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Adi Tri Saputra
Fotografer: 
rizky fitrajaya
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra