KIM Membentuk Masyarakat Produktif, Padli Berikan Caranya

BANGKA BARAT -- Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mempunyai visi mewujudkan masyarakat informasi dinamis sebagai dasar terbentuknya masyarakat madani (civil society) yang sehat, cerdas, terampil, kretaif, inovatif, produktif, mandiri dan berbudaya tinggi.

Demikian disampaikan Padli Kabid IKP Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menyampaikan materi KIM di Kabupaten Bangka Barat. Puluhan anggota KIM se Bangka Barat mengikuti kegiatan ini.

"Adapun misi KIM, mengembangkan, memberdayakan, memfasilitasi dan mendinamisasi pelayanan informasi melalui diseminasi informasi untuk anggota masyarakat," kata Padli di Ruang Pertemuan, Rumah Kebun, Muntok, Kamis (25/4/2019).

Menyinggung mengenai asas pembentukan KIM, kata Padli, kelompok ini dibentuk berasaskan Pancasila, dengan prinsip transparan dan demokratis bercirikan kebersamaan, kebermaknaan, kemandirian, kegotong-royongan, persamaan hak dan kewajiban. 

"KIM dibentuk anggota, oleh anggota dan untuk anggota. Sebab KIM dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan dan keterampilan," jelas Padli.

Lebih jauh Padli mengatakan, keberadaan KIM dapat mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berparitipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sedangkan tujuannya, sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi.

KIM juga bertujuan mendesiminasikan informasi pembangunan kepada masyarakat. Selain itu sebagai mediator komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan.

"Diskusi dengan melibatkan pihak kelurahan, RT dan RW untuk membahas mengenai pembangunan di desa. KIM bisa memanfaatkan dana desa dalam menjalankan kegiatan pembangunan desa, namun harus perlu berkoordinasi," tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli