KIM, Strategi Efektif Penyebaran Informasi

Jakarta - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi salah satu strategi Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam penyebaran informasi. Keberadaan KIM cukup strategis, pasalnya KIM merupakan kelompok mandiri bentukan masyarakat. Namun di beberapa daerah kelompok masyarakat ini belum diberdayakan secara maksimal.

Nursodik Gunarjo, Kasi Program Subdit Kemitraan Ormas dan Profesi, Dit Kemitraan Komunikasi, Dirjen IKP Kementerian Kominfo RI menjelaskan, ada beberapa langkah dapat dilakukan pemerintah untuk memberdayakan KIM. Cara tersebut di antaranya, melakukan pemetaan, simulasi dan pemodelan, implementasi lalu melakukan monitoring evaluasi.

Sebenarnya setiap daerah sudah ada KIM, namun keberadaannya belum diberdayakan secara maksimal. "Beberapa contoh KIM yaitu, komunitas masyarakat nelayan, masyarakat petani, kelompok pengajian dan kelompok masyarakat lainnya. Pada dasarnya kelompok masyarakat ini sudah menjalankan fungsi penyeberluasan informasi," jelasnya saat kunjungan Dinas Komunikasi dan Informatika Bangka Belitung ke Kementerian, Rabu (9/10/2013).

Lebih jauh ia mengatakan, KIM bukan kelompok yang murni melakukan kegiatan komunikasi dan informasi, sebab ini adalah kelompok sosial. Namun KIM menjalankan fungsi yang dikenal dengan sebutan 'Adinda' (Akses, Diskusi, Informasi, Network, Diseminasi dan Aspirasi). Jadi dapat diartikan, kelompok itu mempunyai akses, mampu mendiskusikan, menyerap informasi, mempunyai jaringan, dapat menyebarluaskan informasi, dan bisa menjadi tempat menampung aspirasi masyarakat.

Ada beberapa faktor pendukung upaya pemberdayaan kelompok masyarakat. Dikatakannya, setidaknya kegiatan tersebut masuk dalam renstra dearah. Sebab ini dapat memperkuat pemerintah untuk melakukan penganggaran program KIM. Untuk saat ini sudah ada beberapa KIM yang cukup menonjol misalnya, KIM di daerah Pekalongan. Penyebaran informasi melalui KIM nelayan di Pekalongan dilakukan secara berkesinambungan.

"Ada KIM yang sudah aktif. Tugas pemerintah lebih ringan dengan adanya KIM ini. Selain dapat membantu dalam bidang informasi, KIM di Pekalongan sudah dapat meningkatkan perekonomian kelompok masyarakat," tandasnya.(hzr/af/fc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Huzari
Editor: 
Huzari