KNPI Bina Talenta Seni Generasi Muda

Pangkalpinang – Tak sedikit generasi muda di Bangka Belitung terjerumus pada kegiatan negatif seperti sek bebas, penyalagunaan narkoba, pencurian hingga kebut-kebutan di jalan raya. Mengantisipasi persoalan tersebut, DPD I KNPI Bangka Belitung berupaya menggiring perilaku generasi muda ke arah positif dengan menggelar lomba baca puisi dan berpidato.

Amrullah Harun Asisten I Setda Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan agar kegiatan yang digelar KNPI ini dapat membina telenta seni generasi muda. Ternyata cukup banyak generasi muda di Bangka Belitung mempunyai bakat seni, dan memang sudah seharusnya generasi muda selalu berkarya. Diharapkan generasi yang mempunyai bakat dan talenta di bidang pidato dan baca puisi ini dapat mengembangkan bakatnya.

Kegiatan ini sesuai visi dan misi Bangka Belitung. Ia menjelaskan, sebab saat ini Bangka Belitung terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia, khususnya dalam bidang seni. Untuk itu pemerintah provinsi memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini, sebagia upaya memperkokoh nilai budaya bangsa serta memotivasi masyarakat untuk mencintai seni dan budaya.

“Generasi muda tak dapat dipisahkan dari mata rantai sejarah negara kita. Sumpah Pemuda merupakan manivestasi kepeloporan generasi muda untuk mengangkat harkat dan martabat negara, sehingga menjadi bangsa mandiri dan sejajar dengan bangsa lain,” kata Amrullah saat membuka kegiatan Lomba Pidato dan Baca Puisi di Gramedia, Jumat (31/10/2014).

Peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan merupakan salah satu upaya agar tidak melupakan jasa-jasa generasi muda dan pahlawan. Lebih jauh ia menjelaskan, momen sejarah tersebut juga telah memberikan arti positif bagi kemajemukan yang dimiliki Indonesia.

“Mari kita terus menjaga kesatuan dan persatuan negara Indonesia. Semoga melalui kegiatan yang digelar KNPI ini dapat memberikan aspirasi dan motivasi bagi generasi muda untuk terus berkarya dan berkreasi di berbagai bidang,” harapnya.

Sementara Bambang Patijaya Ketua DPD I KNPI Bangka Belitung mengatakan, beberapa waktu lalu setelah melaksanakan upacara HUT Sumpah Pemuda langsung melakukan audensi dengan Polda dan Kejaksaan. Dalam hal ini terangkat kasus-kasus negatif menimpa generasi muda  di antaranya, sek bebas, penyalagunaan narkoba, pencurian hingga kebut-kebutan di jalan.

Berangkat dari persoalan ini, jelasnya, generasi muda di Bangka Belitung membutuhkan wadah positif untuk menyalurkan aspirasi, minat dan bakatnya. Untuk itu KNPI Bangka Belitung mengelar lomba pidato dan baca puisi untuk menampung aspirasi, minat dan bakat generasi muda. Pembinaan minat dan bakat ini cukup mendapatkan respon positif, terbukti banyaknya peserta mendaftar perlombaan.

“Lomba puisi ada 90 peserta dan lomba pidato diikuti 60 peserta. Antusias generasi muda ini sangat baik, dan kami mengharapkan agar peserta dapat memahami mengenai kepemudaan, nasionalisme dan jiwa kepahlawanan,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari