Konser 87 Pemain Dambus Bangka Pecahkan Rekor Muri

Pangkalpinang - Sebanyak 87 orang pemain dambus Bangka pecahkan Rekor Muri (Museum Rekor Indonesia). Pemecahan rekor muri ini turut memeriahkan Hari Sumpah Pemuda di Bangka Belitung.
 
Didan Al Husein, Direktur Utama PT. Proultima Citra Madani yang ditunjuk langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung sebagai Event Organizer (EO) peringatan Hari Sumpah Pemuda mengatakan Konser 87 pemain dambus Bangka yang memecahkan Rekor Muri ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di Alun-Alun Taman Merdeka, Selasa (27/10/2015).
 
Didan menjelaskan, 87 pemain dambus ini berasal dari beberapa desa di seluruh kabupaten yang ada di Pulau Bangka. Sebelumnya, para pemain ini diberi pelatihan terlebih dahulu sebab menurut Didan masing-masing pemain memiliki ciri dan gaya musik dambus tersendiri yang kemudian digabungkan menjadi satu kesatuan harmoni.
 
"87 pemain dambus berasal dari beberapa desa di kabupaten yang ada di Pulau Bangka. Mereka diberi pelatihan sebelum tampil karena mereka memiliki gaya musik tersendiri yang harus digabungkan menjadi satu kesatuan harmoni ", jelasnya.
 
Didan menambahkan, jumlah 87 pemain dambus ini sesuai dengan peringatan ke 87 Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Gubernur Provinsi Bangka Belitung Rustam Effendi, Sektetaris Daerah Provinsi Bangka Belitung Syahrudin, Kapolda Bangka Belitung, Danrem 045 Garuda Jaya, Kepala SKPD di Lingkungan Provinsi Bangka Belitung, KNPI Pusat dan Provinsi Bangka Belitung, beserta tamu undangan lainnya.
 
Sebelum konser dambus, panitia juga menampilkan Tari Pinang Sebelas yang terdiri dari 100 orang penari yang berasal dari beberapa sanggar tari di Bangka Belitung untuk menyambut kedatangan para tamu undangan.
 
Sementara itu, Robuhan (53) salah satu pemain dambus dari Kampung Dul Kabupaten Bangka Tengah mengatakan dirinya sangat senang dan bangga sekali karena dambus Bangka Belitung dapat ikut serta dalam memeriahkan peringatan ke 87 Hari Sumpah Pemuda dengan Konser 87 Pemain Dambus Bangka yang berhasil memecahkan Rekor Muri.
 
"Saya sangat senang dan bangga sekali karena dambus Bangka Belitung dapat ikut serta dalam memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda," tuturnya.
 
Robuhan menjelaskan sejak lahir tahun 1965 hingga saat ini musik dambus masih menjadi musik khas daerah Bangka Belitung. Untuk itu Robuhan berharap agar pemuda pemudi Bangka Belitung dapat terus menjaga kelestarian dambus sebagai musik daerah.
 
"Dari 87 pemain ini rata-rata usia pemain dari 50-70 tahun, hanya ada beberapa pemuda yang usia nya dibawah 50 tahun," tambahnya.
 
Hal senada diungkapkan Andi Andika (22) pemuda Pangkalpinang, bahwa dirinya sangat bangga Bangka Belitung dapat menggelar Konser 87 Pemain Dambus Bangka yang berhasil pecahkan Rekor Muri dalam rangka memeriahkan peringatan ke 87 Hari Sumpah Pemuda.
 
Menurut Andi, acara ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan semangat nasionalisme pemuda Bangka Belitung dalam menjaga kelestarian budaya Bangka Belitung. Andi juga berharap pemuda pemudi Bangka Belitung dapat ikut serta dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian Bangka Belitung mengingat saat ini perekonomian Bangka Belitung sangat menurun.
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra