Konsulat Amerika Serikat (AS) Jajaki Peluang Investasi Di Babel

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, hari ini Kamis (4/2) terima kunjungan Konsul Amerika Serikat Juha P Salin di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Dalam pertemuannya Gubernur di dampingi oleh Drs. H.Yulizar Adnan, M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fery Insani Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rivai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Babel serta staf terkait lainnya. 
 
Dalam kunjungannya Juha, menawarkan kerjasama investasi infrastruktur di Provinsi Bangka Belitung. Kerjasama ini telah dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia seperti Sulawesi, Medan, Bengkulu, Palembang. 
 
Gubernur menyambut baik peluang tersebut dengan menawarkan peluang investasi yang saat ini menjadi prioritas pembangunan yakni Pelabuhan Internasional Pangkal Balam serta Jembatan Trans Sumatera yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera Selatan. 
 
“ Dalam waktu dekat kita akan mengajukan proposal kerjasama dengan Konsulat Amerika melalui Overseas Privat Investiment Coorporation (OPIC). Kerjasama infrastruktur yang ditawarkan diharapkan dapat membuka peluang investasi untuk perdagangan lada kita” ujarnya saat di wawancara.
 
Selain itu Gubernur juga mengungkapkan bahwa Bangka Belitung memiliki peluang investasi di bidang lain seperti pariwisata, pertanian serta pertambangan.
 
Untuk diketahui OPIC merupakan salah satu lembaga pemerintah Amerika Serikat yang memfasilitasi perusahaan-perusahaan swasta di AS untuk berinvestasi di negara-negara berkembang. 
 
 “ Kami senang dengan kesempatan ini, karena Pemerintah Bangka Belitung menerima dengan baik peluang kerjasama yang kami tawarkan melalui OPIC. Di sini kami akan membantu terjalinnya kerjasama antara perusahaan AS dengan perusahaan lokal untuk membantu perekonomian daerah” ujar Juha saat diwawancara.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imeldarina Ginting
Fotografer: 
Imeldarina Ginting
Editor: 
Fitra