Konsumsi Ikan Secara Teratur Membentuk Anak Sehat, Kuat, dan Pintar

Toboali - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung melalui Dinas Pertanian,  Pangan, Perijinan Kabupaten Bangka Selatan melakukan sosialisasi Gemar Ikan kepada sejumlah pelajar sekolah dasar di Toboali.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bangka Belitung, Subantoro, mengatakan bahwa  kegiatan yang dilaksanakan bersama Pemkab Bangka Selatan tersebut merupakan sosialisasi sekaligus mengajak anak-anak mulai dari usia dini untuk gemar mengonsumsi ikan.

"Tentunya kosumsi secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, kuat, dan pintar, ini harus dibiasakan sejak usia dini," jelasnya di sela-sela kegiatan di lapangan GOR Junjung Besaoh Basel, Kamis (25/7/2019).

Perlunya makan ikan, menurutnya karena pada ikan terdapat kandungan nilai gizi yang sangat tinggi dan lengkap. Baik protein, mineral, vitamin, dan lemak dengan asam lemak tidak jenuh, juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Apalagi, di Kabupaten Basel memiliki banyak pilihan komoditas ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Dan kepada para orangtua harus mendidik anaknya agar menyukai makanan jenis ikan.

Bertepatan dengan sosialiasi tersebut Pemkab Basel juga akan melakukan perhelatan tahunan yaitu Toboali City on Fire (TCoF) Sesi 4. Dalam agenda tersebut terdapat Lomba Masak Serba Ikan yang diikuti oleh 8 peserta dari perwakilan setiap kecamatan, diantaranya Celagen, Penutuk, Terep, Rindik, Bencah, Sengir, Sukajaya dan Rajik.

Lomba ini bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada msyarakat luas, menyebarluaskan informasi tentang ikan khususnya ikan kembung termasuk kandungan gizi dan manfaatnya, serta olahan masakan berbahan baku ikan.

"Melalui lomba masak serba ikan ini, diharapkan munculnya ide-ide kreatif dari para peserta dalam mengolah hasil ikan,  agar masyarakat kita dapat lebih meningkatkan konsumsi ikan, serta dapat pula meningkatkan ekonomi kreatif di Basel,"
jelas Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer, S.T, M.M, M.Si saat memberikan sambutan. 

Ikan adalah makanan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentu saja tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi dan vitamin ikan.

Ditambahknnya, salah satu jenis ikan yang patut untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat adalah ikan kembung. Bahkan kandungan gizi ikan kembung lebih banyak daripada ikan salmon. 

"Ikan kembung memiliki kandungan Omega-3 yang lebih banyak, yang sekitar 2,6, sementara itu, kandungan omega-3 pada ikan salmon hanya sekitar 1,4," jelas Justiar sekaligus mengatakan sangat tepat pada tahun ini, panitia menjadikan ikan kembung sebagai menu utama lomba masak serba ikan.

Selain itu, dirinya berharap kepada juara dari lomba tingkat Kabupaten ini dapat menjadi duta bagi Kab. Basel dalam lomba yang sama di tingkat Provinsi bahkan Nasional.

Pemenang Lomba Masak Serba Ikan :
JUARA 1 PKK KECAMATAN TOBOALI
JUARA 2 PKK KECAMATAN AIR GEGAS
JUARA 3 PKK KECAMATAN KEPULAUAN PONGOK
JUARA 4 PKK KECAMATAN TOBOALI

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Reni Pebrianti, Pranata Humas DKP Prov. Babel.
Fotografer: 
Reni