Koordinasi Perkuat Program SKPD

Pangkalpinang – Pemerintah pusat hingga daerah terus memperkuat koordinasi informasi. Berbagai media dapat digunakan untuk berkoordinasi, seperti pemanfaatan jejaring sosial. Di tingkat pemerintah pusat sedang mengembangkan program pembangunan Palapa Ring. Program ini bertujuan mengikat dan menjalin koordinasi antara pemerintah di nusantara dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di suatu daerah.

Hendry Subiakto Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menjelaskan, koordinasi lebih cepat jika menggunakan jaringan internet. Untuk saat ini saja, anak-anak sudah menggunakan internet untuk menjalin komunikasi dengan temannya. Namun tidak semua daerah sudah tersentuh pelayanan jaringan internet. Tidak menutup kemungkinan ke depan anak-anak sudah menggunakan internet lebih dari lima jam sehari.

“Untuk memberikan pelayanan internet, Kementerian Kominfo telah memiliki mobil m-Pustika (Mobil Pusat Teknologi Informasi Komunitas) komunikasi publik. Koordinasi juga dapat dilakukan menggunakan media komunitas, media pertunjukan rakyat, kelompok informasi masyarakat,” jelas Hendry saat menyampaikan materi dalam Rapat Koordinasi SKPD Dinas Komunikasi dan Informatika se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Aston Soll Marina, Kamis (27/2/2014).

Media terus mengalami perkembangan. Menurut Hendry, saat ini media televisi dan koran masih mempunyai peran penting dalam penyebaran informasi. Namun lain halnya beberapa tahun ke depan, sebab pengguna internet terus mengalami peningkatan. Saat ini sudah terdapat 65 juta pengguna internet aktif, dan di tahun 2015 diperkirakan pengguna internet mencapai 100 juta. Jika menggunakan internet, setiap individu bisa memiliki media sendiri di jejaring sosial seperti twitter.

“Pengembangan humas ke depan juga harus menggunakan media baru. Saat ini Indonesia menduduki urutan kelima pengguna twitter se dunia. Humas harus melihat perkembangan media tersebut,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Hassanuddin Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurutnya, koordinasi merupakan salah satu hal penting dalam administrasi dan manajemen untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Sebab kerjasama antar individu dalam organisasi menjadi salah satu persyaratan menjalankan roda organisasi. Jika koordinasi berjalan baik, maka pelaksanaan program menjadi lebih efektif.

Koordinasi merupakan salah satu hal penentu keberhasilan suatu organisasi. Ia menjelaskan, adanya perbedaan bidang tugas atau pekerjaan membutuhkan koordinasi agar masing-masing dapat melaksanakan tugas dengan satu tujuan bersama. Pekerjaan kompleks dalam suatu organisasi harus dilakukan dengan koordinasi. Jika tidak, dapat membuat masing-masing bidang, unit, dan tugas tertentu berjalan ke arah tujuan berbeda.

“Koordinasi bisa diibaratkan jari-jari payung yang mempertemukan masing-masing ujung jari-jari payung pada suatu titik sama,” jelasnya.

Sementara Latip Pribadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, kegiatan ini diikuti SKPD di lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diharapkan dengan adanya rapat koordinasi ini dapat lebih memperkuat koordinasi, terutama dalam pelaksanaan kegiatan dan program terkait SKPD Komunikasi dan Informatika.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik bidang komunikasi dan informatika wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” harapnya.(hzr/rf)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari