KPU Bangka Barat Mobilisasi Pantau Pilkada

Muntok – Anggota KPU Bangka Barat mobilisasi memantau pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015. Tak hanya anggota komisioner, sebab pegawai sekretariat KPU Bangka Barat juga dilibatkan untuk melakukan pemantauan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dan memastikan masyarakat pemilih dapat menggunakan hak suara dalam proses pilkada.

Martono Ketua KPU Bangka Barat mengatakan, masyarakat cukup antusias mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih kepala daerah. KPU Bangka Barat mempunyai target sekitar 80 mata pilih menggunakan hak suaranya. Jikapun ada masyarakat yang tidak menggunakan hak suara, itu bukan dikarenakan KPU kurang melakukan sosialisasi. Hal ini lebih dimungkinkan karena masyarakat tersebut memang tidak ingin menggunakan hak suaranya.

“Pada proses pelaksanaan pemungutan suara hari ini, saya melakukan monitoring di Kacamatan Kelapa. Saya lihat masyarakat cukup antusias menggunakan hak suara. Namun untuk daerah lainnya saya belum mengetahuinya,” kata Martono saat dihubungi via telepon, Rabu (9/12/2015).

Tercatat sedikitnya enam kecamatan berada di wilayah Kabupaten Bangka Barat. Sejumlah kecamatan tersebut di antaranya, Kecamatan Muntok, Simpang Teritip, Jebus, Kelapa, Tempilang dan Kecamatan Parittiga. Sebanyak 355 TPS tersebar di enam kecamatan tersebut, dengan jumlah TPS terbanyak yaitu 91 TPS berada di Kecamatan Muntok.

Sedangkan Kecamatan yang memiliki jumlah TPS paling sedikit yaitu Kecamatan Jebus berjumlah 39 TPS. Sementara di Kecamatan Simpang Teritip terdapat 53 TPS, Kelapa 66 TPS, Tempilang 49 dan Kecamatan Parittiga 57 TPS. Saat pilkada berlangsung, terdata 126.579 warga masuk daftar pemilih tetap dengan rincian 64.943 pemilih laki-laki dan sisanya 61.636 pemilih perempuan.

Kendati demikian, KPU juga mencatat warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap tambahan sebanyak 341 orang. Rinciannya, sebanyak 180 mata pilih laki-laki dan 161 mata pilih perempuan. Tumilah Sekretaris KPU Bangka Barat menjelaskan, terbitnya daftar pemilih tetap tambahan dikarenakan ada warga yang berhak memilih, namun tidak masuk daftar pemilih tetap.

Pantauan Babelprov.go.id di sejumlah lokasi pemungatan suara Rabu (9/12/2015), proses pelaksanaan kegiatan berlangsung aman. Sekitar pukul 07.30 WIB masyarakat sudah mulai masuk TPS dan duduk di kursi tunggu. Pelaksanaan pemungutan suara dilakukan secara tertib, hanya warga yang ingin menggunakan hak suara dan panitia berada di dalam TPS.

Tak hanya warga yang datang ke TPS dilayani, sebab TPS 1 Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok juga melayani 17 mata pilih di Rumah Tahanan (Rutan) Muntok. Sementara 54 warga binaan lainnya sudah menggunakan hak dengan munggunakan kertas suara yang tersedia di TPS Rutan tersebut.

Menurut Tumilah, pegawai sekretariat KPU Bangka telah melakukan pemantauan ke sejumlah TPS, termasuk TPS yang berada di rumah sakit. Sebab ada pasien sedang rawat inap di rumah sakit yang juga mempunyai hak suara. “Pelayanan tetap diberikan dengan cara anggota KPPS mendatangi pasien sedang sakit tersebut,” ungkapnya. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya