Lagi, Tambang Timah Ilegal Dirazia

Pangkalpinang – Tambang timah ilegal kembali dirazia, Rabu sore (12/10/2016). Sebanyak 40 personel gabungan dari Sat Pol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pangkalpinang serta anggota Polsek Bukit Intan dikerahkan untuk menertibkan tambang timah Ilegal di kawasan Pangkalpinang.

Mashun Kabid Tibumtranmas Sat Pol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, saat penertiban personel gabungan dibagi menjadi dua tim menuju lokasi berbeda. Tim pertama bergerak ke kawasan Ampui, sedangkan tim lainnya melakukan penertiban di kawasan Parit Enam.

“Tim gabungan hanya menemukan barang bukti berupa ponton tambang dan alat untuk mengayak timah. Sementara penambang sudah kabur saat tim tiba di lokasi. Ada indikasi informasi penertiban ini bocor, sehingga penambang sudah tidak ada di tempat," tuturnya.

Ponton dan peralatan milik penambang langsung dibakar petugas. Mashun menegaskan, tindakan tersebut dilakukan agar menimbulkan efek jera kepada pelaku penambangan. Sebab sesuai perda Kota Pangkalpinang, dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tidak ada kawasan penambangan timah.

“Bagi yang melanggar akan kita tindak. Ke depan jangan ada lagi masyarakat melakukan aktivitas penambangan timah secara ilegal. Untuk mencegah hal ini terulang lagi, penertiban oleh tim gabungan dilakukan secara rutin," tegasnya.

Sumber: 
Sat Pol PP Babel
Penulis: 
Rusmini
Fotografer: 
Sat Pol PP
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra