Lansia Bahagia, Keluarga Ceria

PANGKALPINANG - Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Bidang Rehabilitasi Sosial bersama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan forum Corporate Social Responsibility (CSR) Babel berkolaborasi dalam memperingati Hari Lansia Nasional ke 25 di Ruangan Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel dengan mengangkat tema “Lansia Bahasgia bersama keluarga”. Tema ini dipilih agar seluruh keluarga memberikan perhatian khusus kepada lansia, sehingga tercapai kebahagiaan di masa tua mereka.

Secara nasional diperkirakan ada 18 juta jiwa lansia yang tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan di Babel terdapat sekitar kurang lebih  44.745 jiwa. Pada kegiatan hari ini, Gubernur Erzaldi juga menyerahkan  100 paket bantuan dari PT. Angksa Pura II berupa biskuit, susu, minyak bubut, kurma dan madu, sedangkan Badan Amil Zakat Nasional  (BAZNAS) memberikan donasi berupa uang yang penyalurannya bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Sebagaimana luput dari perhatian, bahwa lansia ternyata berpotensi memberikan banyak keuntungan jika tangguh, sehat, dan tetap produktif. Penduduk lansia bahkan diprediksi menjadi bonus demografi kedua. Namun demikian untuk menjadikan penduduk lansia tetap sehat, Tangguh, dan produktif tentu membutuhkan banyak persiapan serta dukungan dari semua pihak. Persoalan kualitas gizi, sanitasi serta dukungan lingkungan yang sehat kemudian menjadi beberapa hal prioritas yang wajib diwujudkan, sama halnya dengan penyiapan kualitas penduduk usia produktif.

 Mengingat begitu besarnya peran penduduk lansia, kebijakan yang akan diambil oleh Pemprov. Babel bersama-sama bersinergi dengan beberapa pihak dan obligator dalam upaya pendayagunaan lansia.

Plt Kepala Dinas Sosial Yanuar, SH.  dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak sekali kegiatan yang dapat dipilih oleh bapak/ibu lansia berdasarkan pada kesehatan dan keahlian. 

 Momen peringatan hari lansia ini juga harus dijadikan sebagai awal dari reformasi kebijakan yang ramah di sektor kependudukan khususnya bagi entitas lanjut usia.  Gubernur Erzaldi berinteraksi dengan hangat, akrab dan bercanda tawa.  

“Sehat merupakan modal utama dalam merangkai kebahagiaan, aktivitas yang produktif inshaa allah akan membawa kehidupan menjadi lebih berwarna,” ungkapnya. 

Penyerahan piagam kepada pelaku dunia usaha dalam kegiatan ‘Bedah Rumah dan Bantuan Kursi Roda’ yang diinisiasi oleh pihak swasta. Di akhir acara, Gubernur Erzaldi berterima kasih kepada TKSK dan Forum CSR serta berharap agar tetap menjadi memperhatikan dan pelipur dalam tiap langkah lansia.

Akhir pertemuannya Gubernur Erzaldi sampaikan, penuaan bukanlah kehilangan masa muda tetapi tahap baru atas kesempatan dan kekuatan.

Sumber: 
Dinas Sosial
Penulis: 
Denny Kamajaya
Fotografer: 
Denny Kamajaya
Editor: 
Natasya