Lenny: Jangan Ada Kata Lelah dan Menyerah

Pangkalpinang – Kader PKK harus terus berkarya dan berbuat yang terbaik dalam melaksanakan sepuluh program pokok. Selain itu kader PKK harus mampu menggali potensi-potensi yang ada dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jambore ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja kader PKK agar menjadi lebih baik.

Demikian dikatakan Lenny Rustam Effendi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka Jambore Kader PKK 2016 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di halaman Kantor Gubernur di Pangkalpinang, Rabu (12/10/2016). "Jangan ada kata lelah dan menyerah. Terus berkarya dan berikan yang terbaik melalui program-program PKK," tegasnya.

Jambore kali ini diawali parade defile dari 82 kader PKK terbaik di kabupaten/kota se Bangka Belitung. Parade dimulai dari penampilan defile Tim PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kemudian diikuti defile PKK Kabupaten Belitung, Bangka dan Kota Pangkalpinang. Selanjutnya defile PKK Kabupaten Belitung Timur, Bangka Tengah dan terakhir defile PKK Kabupaten Bangka Selatan.

Jambore ini sebagai bentuk penghargaan tinggi atas partisipasi dan sumbangsih kader PKK terhadap pelaksanaan sepuluh program PKK. Lenny mengharapkan jambore mampu memotivasi kader-kader PKK untuk dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak dan pemberdaya masyarakat. Saat ini prestasi kader PKK Bangka Belitung sangat membanggakan.

Kader-kader PKK Bangka Belitung berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional. Ia menambahkan, Tim PKK Bangka Belitung yang diwakili tim PKK Bangka Tengah berhasil masuk nominasi lomba administrasi PKK terbaik tingkat nasional. Selain itu, prestasi juga berhasil diraih tim penggerak PKK Kota Pangkalpinang, setelah berhasil masuk nominasi lima besar.

"Tim PKK Kota Pangkalpinang yang wakili Bangka Belitung untuk lomba Kelompok Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) pada lomba HKG PKK masuk nominasi lima besar," kata Lenny dengan bangga.

Sementara Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, PKK merupakan garda terdepan dalam melakukan proses pembinaan keluarga dan menjadi ujung tombak pembangunan serta pemberdayaan masyarakat. Diharapkan melalui tangan penggerak PKK, proses pendidikan awal menuju masyarakat sejahtera dan cerdas dapat terlaksana.

"Pendidikan generasi ke depan harus diawali dari keluarga. Kalau keluarga sudah tertata dengab baik, anak-anak memiliki mentalitas, kecerdasan dan kemampuan memilah persoalan dengan baik. Saya yakin anak-anak nanti bisa disiapkan menjadi seorang pemimpin," tegas Rustam.

Jambore kader PKK dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi, peran serta tim dan kader PKK dalam pemberdayaan, pembinaan masyarakat ke depan. Menurut Gubernur, berbagai lomba yang dilaksanakan melahirkan kader terampil dan kreatif sehingga lebih berdaya dan maju. Kader PKK harus memiliki kepakaan terhadap lingkungan agar programnya bisa sesuai kebutuhan.

Selain itu, jelasnya, kader PKK harus aktif dalam gerakan perempuan anti korupsi. Sedangkan terkait pelaksanaan pesta demokrasi, PKK harus memberikan pemahaman dan pendidikan politik yang baik bagi anak-anak dan keluarga. Anak- anak harus dibekali dan diajarkan menentukan pemimpin dalam pesta demokrasi nanti.

"Ibu PKK harus berikan pemahaman dan pencerdasan politik agar anak-anak bisa menggunakan pesta ini untuk memilih orang-orang yang pantas menjadi pemimpin. PKK juga diharapkan menjaga situasi tetap aman. Jangan sampai terjadi gesekan yang dapat merusak rasa berbangsa dan bernegara," harapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra