Lima Ribu Ekor Benih Ikan Gabus Ditebar di Perairan Taman Mandara Pangkalpinang

PANGKALPINANG - Sebagai bentuk bakti lingkungan dalam rangkaian kegiatan Bulan Mutu Karantina 2020, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Pangkalpinang  melakukan kegiatan pelepasliaran lima ribu ekor benih ikan gabus di Perairan Taman Mandara Pangkalpinang. Kegiatan ini bertujuan selain untuk melestarikan dan meningkatkan populasi ikan asli perairan darat Bangka Belitung, juga meningkatkan sosial ekonomi masyarakat sekitar. 

Kegiatan bulan bakti karantina atau sekarang disebut bulan mutu karantina ikan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh BKIPM Pangkalpinang bekerja sama dengann Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Babel.

Kepala BKIPM Pangkalpinang, M. Darwin Syah Putra dalam sambutannya, untuk tahun ini ada empat bakti kegiatan. Kegiatan tersebut adalah bakti sosial dengan membagikan paket ikan sehat bermutu sebanyak empat ton di tiga kabupaten/kota yakni Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka, dan Kota Pangkalpinang. Selanjutnya, bakti lingkungan dengan melakukan pelepasliaran ikan lokal.

“Di sini BKIPM Pangkalpinang juga membuka pekan pelayanan publik yang dilaksanakan dari hari Senin sampai dengan Sabtu dengan tema ‘Pelayanan Publik di Era New Normal’. Apabila ada masyarakat yang ingin menanyakan seputaran teknis di bidang karantina ikan,” ungkapnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Babel, Dasminto  sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“DKP Babel mendukung kegiatan seperti ini karena ini untuk restocking di alam supaya ketersediaan dan keberlanjutan sumber daya perikanan yang nantinya akan membantu masyarakat Babel dalam memudahkan memperoleh komoditi perikanan,” ungkapnya.

Kabid PUPB PHP Dinas Kelautan dan Perikanan Barryansyah Saputra saat menghadiri kegiatan ini menyampaikan adanya respon positif guna membangun motivasi bagi masyarakat agar kegiatan budidaya perikanan dapat memberikan manfaat dan ekonomi serta meningkatkan peran masyarakat agar mencintai lingkungan.

Selanjutnya, M. Darwin Syah Putra mengatakan kegiatan Bulan Mutu Karantina 2020 ini merupakan bentuk apresiasi kepada pengguna jasa dan mitra kerja BKIPM Pangkalpinang, dan dalam hal ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Babel adalah mitra kerja terdekat. Untuk itu berbagai kegiatan tersebut bekerja sama dengan DKP Babel, termasuk pembagian paket ikan sehat bermutu yg dibagikan langsung oleh Wagub Abdul Fatah.

“Diharapkan kebersamaan dan kerja sama yg harmonis ini akan terus terpelihara sebagaimana lestarinya sumber daya ikan kita dan sejahteranya masyarakat perikanan Babel,” pungkasnya.

Sumber: 
Dinas Kelautan dan Perikanan
Penulis: 
Reni Pebrianti
Fotografer: 
Reni Pebrianti
Editor: 
Listya