Mahasiswa UBB Antusias Sambut DPRD Babel

PANGKALPINANG - Anggota DPRD Komisi IV, Dody Kusdian memenuhi undangan Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung, Rabu pagi (25/11/20) yang bertempat di Aula Gedung Babel IV UBB ini dalam rangka menjadi narasumber pada kegiatan Training Legislatif.

Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan dan universitas yang ada di Bangka Belitung.

Tujuan kegiatan ini adalah memahamkan para mahasiswa tentang tugas dan fungsi dari DPRD dengan tema "Aktualisasi Para Legislator Muda Menuju Parlemen Kampus yang Handal, Demokratis, dan Berwawasan".

Dalam paparannya, Anggota DPRD Komisi IV Dodi Kusdian menjelaskan bahwa ada 3 fungsi anggota legislatif yang perlu diketahui yaitu :
1. Fungsi Legislasi
2. Fungsi Anggaran
3. Fungsi Pengawasan.

Dalam penjelasannya bahwa, rekrutmen kepemimpinan Indonesia yang disepakati saat ini adalah melalui partai politik, sehingga partai politik perlu mendapatkan asupan yang baik terkait SDM dan rekrutmen kepartaian. 

"Sehingga mau tidak mau, terima atau tidak terima inilah aturan yang sudah semestinya kita ikuti. Maka, sebagai agent of change perlu memahami bahwa posisi politik di Indonesia menjadi tonggak tertinggi untuk menjalankan pemerintahan sesuai dengan konstitusi demi kepentingan rakyat banyak karena, mahasiswa adalah bagian terpenting dalam tonggak peradaban masa depan," ungkapnya.

Antusias juga tampak dengan aktifnya mahasiswa dalam sesi tanya jawab. Salah satunya, Benny perwakilan dari fakultas teknik yang menanyakan peran sebagai anggota DPRD provinsi serta penilaian terhadap perkembangan serta kemajuan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Di akhir diskusi, Anggota DPRD Komisi IV Dodi Kusdian menyampaikan memang masih banyak yang harus dibenahi dan ditingkatkan untuk kemajuan Babel. 

Sebagai anggota DPRD dirinya memastikan akan lebih bersinergi dengan eksekutif dan terus berkoordinasi dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman sehingga visi misi sejalan dan terealisasi dengan baik.

Sumber: 
Sekretariat DPRD
Penulis: 
Utari
Fotografer: 
Pranata Humas Sekretariat DPRD
Editor: 
Listya