Maknai HUT RI dengan Mengintrospeksi Diri

Pangkalpinang – Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berpesan agar pemimpin dan masyarakat Indonesia dapat memaknai peringatan HUT ke 69 RI dengan terus melakukan introspeksi diri. Sehingga pola pikir dapat terus berpandangan ke depan, dan mengalami perubahan ke arah lebih baik.

“Kita harus melakukan perubahan signifikan. Sebab saat ini umur bangsa kita sudah lebih dewasa. Saya harapkan, peringatan HUT RI yang dilaksanakan di seluruh tanah air, bahkan hingga penjuru dunia tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan seremonial semata,” tegas Gubernur usai pelaksanaan Upacara HUT ke 69 RI, di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (17/8/2014).

Kendati usai menjalani perawatan dikarenakan sakit akibat kelelahan dikarenakan padatnya jadwal pekerjaan, namun Gubernur menyempatkan diri untuk hadir langsung dalam upacara peringatan HUT tersebut. Pada kesempatan ini, Gubernur bertindak sebagai Inspektur dan Mayor Inf Trijoyo Kepala Staf Kodim 0413 Bangka selaku pemimpin upacara.

Sementara Didit Srigusjaya Ketua DPRD Provinsi dan Ernawan Robuin Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masing-masing bertindak sebagai pembaca naskah Proklamasi dan UUD 1945.

Upacara berjalan hikmad. Rendi Firdaus, Jeldi Fernando, Galang Saputra terlibat dalam pasukan tiga beserta Berthania Savitri pembawa baki bendera yang merupakan putra-putri terbaik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih dengan sempurna.

Lancarnya pelaksanaan pengibaran bendera ini tak luput dari pengawalan Pasukan 17 yang didantoni M Refsa Mujjahid, serta Lettu Eko Setyabudi Danpas 45. Selain ditandai pembunyian sirine, detik-detik Proklamasi tahun ini juga ditandai dengan pemukulan beduk.

Tak sedikit masyarakat ikut menyaksikan jalannya pelaksanaan pengibaran bendera. Menurut Gubernur, momentum peringatan HUT RI dapat dijadikan sebagai perbaikan langkah untuk membangunan bangsa dan Negara Indonesia ke depan. Sehingga Indonesia menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita baru saja melaksanakan pesta demokrasi untuk menentukan pemimpin (Pilpres-red). Dan saat ini sedang berlangsung sidang gugatan Pilpres di MK. Kita berharap petinggi-petinggi negara dan pemangku kepentingan untuk bersabar menantikan hasil proses pilpres tersebut,” harapnya.

Tak hanya itu. Gubernur juga menginginkan agar Indonesia memiliki pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan mempunyai kompetensi untuk menyejahterahkan masyarakat. Tentunya semua itu diharapkan berdampak terhadap kemajuan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebagaimana dijadwalkan, usai pelaksanaan upacara peringatan HUT RI kegiatan akan dilanjutkan ke Makam Pahlawan Pawitralaya untuk berziarah serta melakukan tabur bunga di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang. Para narapidana juga mendapatkan berkah dari peringatan HUT RI ini, sebab beberapa narapidana yang berperilaku baik akan mendapatkan remisi.

Kemudian pukul 13.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan ramah tamah  bersama para perintis kemerdekaan di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Direncanakan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih digelar sekitar pukul 16.00 WIB.(hzr/*an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Huzari