Malam Resepsi Tutup Rangkaian Peringatan Hari Jadi Babel Ke-21

SIJUK - Menuju Babel Sehat, Mandiri dan Berdaya Saing Dalam Perekonomian. Itulah tema yang diangkat dalam peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ke-21. 

Pada tahun ini, Kabupaten Belitung ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksanaan puncak peringatan Hari Jadi. Menutup rangkaian peringatan, diadakan acara malam resepsi yang diadakan di Santika Hotel Belitung, Kabupaten Belitung, Senin Malam (22/11/2021). 
 
"Selamat ulang tahun untuk Bangka Belitung, masih banyak tugas-tugas yang harus kita kerjakan bersama dengan kompak untuk satu tujuan yaitu meningkatakan kesejahteraan masyarakat," ungkap Gubernur Erzaldi Rosman saat menyampaikan sambutannya yang diiringi bait-bait pantun, membuat acara ini kental dengan budaya melayu. 

Pada tanggal 21 November 2000, beranjak dari aspirasi berbagai lapisan masyarakat agar lebih mandiri, akhirnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memisahkan diri dari Provinsi Sumatera Selatan. Berbagai torehan prestasi telah diraih hingga kini, menunjukkan semangat daya saing walau tergolong provinsi muda di Indonesia. 

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi mengajak seluruh masyarakat Babel untuk senantiasa mengenang jasa para tokoh pejuang pembentukan Babel, meneladani semangat dan pengabdian mereka serta mendoakan bagi yang telah wafat. 

Rasa syukur juga disampaikan orang nomor satu di Babel itu. Dikatakannya meskipun pandemi Covid-19 yang belum berakhir, namun Babel masih bisa merayakan bersama Hari Jadi ini dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Dengan dihadiri para petinggi Di Babel, Pada malam resepsi ini, provinsi ini mendapat banyak ucapan ucapan doa, baik dari Kabupaten/Kota, para Gubernur di Indonesia hingga para Menteri dan Kepala Lembaga. 

"Dihari jadi ini, saya mengingatkan kembali bahwa resiko penyebaran Covid-19 masih ada, dan tugas kita dalam penanganannya belum berakhir," ungkapnya lebih tertuju kepada para jajaran Kepala Daerah yang hadir dalam malam resepsi. 

Diusia ke 21 tahun, diungkapkan Gubernur Erzaldi, Babel menuai banyak prestasi, pandemi selama hampir 2 tahun dilalui dengan saling bekerja sama antar seluruh stakeholder. Ini sebagai bukti, bahwa semua unsur mampu dalam pemenuhan kebutuhan secara mandiri hingga menghasilkan pendapatan dan kesempatan kerja yang tinggi. 

"Berita resmi BPS tentang perekonomian Babel, pada triwulan ke II tahun 2021, berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp21,19 triliun dan PDRB atas dasar harga konstan (ADHK) 2010 mencapai Rp13,37 Triliyun," jelasnya singkat. 

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh dalam sambutannya, mengingatkan terbentuk Babel juga tak luput dari sumbangsih perjuangan para tokoh presidium asal Belitung. Bahkan Ikrar Tanjung Kelayang menjadi saksi bahwa Bangka dan Belitung bersatu untuk menjadi lebih mandiri hingga saat ini, ia berharap kedepan agar lebih memfokuskan pengembangan pariwisata yang mulai dikenal dunia. 

"Kami di Belitung dan Beltim menyadari bahwa tambang adalah bonus dari Allah yang tidak mungkin bertahan lama. sehingga kami memfokuskan pengembangan pariwisata, hingga Pulau Belitung ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang hingga UNESCO Global Geopark," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya menyampaikan salam dan selamat datang kepada Panda Nababan, Mantan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang Undang pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang hadir khusus untuk ikut merayakan hari jadi Babel.

Malam resepsi ditutup dengan acara potong tumpeng antara Gubernur dan Wakil Gubernur bersama para Bupati, Forkopimda Babel dan para tamu undangan. Selain itu para pemeran film Laskar Pelangi dihadirkan dalam rangkaian acara dan mendapat kehormatan untuk naik ke podium untuk memperkenalkan diri kepada tamu undangan. Mereka adalah para pelaku promosi pariwisata yang juga mencetak sejarah bagi industri pariwisata Babel hingga dikenal luas sampai saat ini. 

Malam resepsi merupakan penutup dari rangkaian yang sebelumnya telah dilaksanakam yaitu, 20 November 2021 pelaksanaan Paripurna Istimewa, 22 November 2021 pelaksanaan Upacara Hari Jadi dan dilanjutkan malam resepsi pada 22 November 2021 malam ini.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dp
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Budi