MANTAPKAN RAPERDA CADANGAN PANGAN, JAWA TENGAH KUNJUNGI BANGKA BELITUNG

Pangkalpinang - Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima kunjungan kerja dari Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret dalam rangka penyusunan naskah akademik dan rancangan Perda Cadangan Pangan Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah. Acara yang berlangsung di ruang rapat Romodong Kantor Gubernur, Kamis, (12/12/2019) ini dibuka oleh Syahrudin, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. 

Turut hadir sebagai tamu undangan adalah Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Ketua DPRD Kabupaten Grobogan, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Grobogan, dan Kepala Dinas Pangan Kabupaten Grobogan, beserta rombongan.

Dalam sambutannya, Syahrudin memaparkan kondisi ketahanan pangan serta potensi yang dimiliki Bangka Belitung, baik darat maupun laut. Dengan jumlah penduduk 1.459.873 jiwa, secara keseluruhan Bangka Belitung dalam kondisi yang tahan pangan. Syahrudin menyebut bahwa salah satu indikator terbangunnya ketahanan pangan adalah tidak adanya indikasi kerawanan pangan. Sedangkan salah satu aspek penting dalam pencapaian tersebut adalah ketersediaan cadangan pangan dan kemampuan dalam mendayagunakan sumber daya pangan yang ada.  

“Bangka Belitung jika dibandingkan dengan Provinsi Jawa Tengah hanyalah provinsi yang kecil saja. Tetapi indeks kemiskinan Bangka Belitung nomor empat setelah DKI, Bali, dan Kalimantan Selatan, walaupun masih bergantung kepada hasil tambang,” jelas Syahrudin. “Kebutuhan pangan lokal yang dihasilkan petani kita hanya 13% saja, sedangkan 87% sisanya dihasilkan dari provinsi luar. Akan tetapi, Bangka Belitung dianugerahi pantai yang indah. Presiden Jokowi mengatakan bahwa Bangka Belitung, yakni Pantai Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung, telah ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata unggulan,” lanjutnya. 

Ahmadi Widodo, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Grobogan sebagai perwakilan rombongan mengungkapkan bahwa, Bangka Beitung telah memiliki Perda cadangan pangan sehingga menjadi acuan dari kunjungan kerja ini. Ahmadi Widodo juga meminta diberikannya informasi terkait penyusunan Perda Cadangan Pangan Kabupaten Grobogan yang kemungkinan tahun ini akan rampung. Untuk itu, usai acara rombongan bertolak ke Belitung sebagai bagian dari studi banding dan pemantapan Raperda. 

Sebagai kenang-kenangan, Bangka Belitung yang diwakili Syahrudin menyerahkan plakat sebagai cinderamata kepada perwakilan dari Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah. Paparan diberikan Damiri, Kepala Dinas Pangan di penghujung acara dan ditutup dengan diskusi.

Sumber: 
Dinas Pangan Babel
Penulis: 
Dini