Marwan: Jamaah Haji Diberi Pelayanan Maksimal

Pangkalpinang – Marwan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berjanji memberikan pelayanan maksimal kepada jamaah haji tahun ini. Selain itu, dijamin jamaah haji tidak akan direpotkan dengan pungutan liar. Pasalnya panitia pemberangkatan haji sudah bekerja sejak lama untuk mempersiapkan keberangkan tersebut.

“Mereka (jamaah haji-red) adalah tamu Allah SWT, jadi harus kita beri pelayanan maksimal. Jika ada pungutan liar dalam pelaksanaan pemberangkatan jamaah haji ini akan ditindak tegas!” kata Marwan saat jumpa pers di Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (5/9/2014).

Hal senada dikatakan Rusli Kabag Agama Biro Kesra Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia menambahkan, visi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tahun ini yaitu terlaksananya kegiatan dengan predikat memuaskan, tertib dan lancar. Harus disadari, target pencapaian visi ini bukan merupakan hal mudah. Namun ini menjadi cita-cita panitia pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji.

Lebih jauh ia menjelaskan, panitia telah melakukan misi untuk mencapai visi tersebut. Salah satunya yakni, dibentuknya kepanitian terdiri dari 30 unsur. Ada dari pemda provinsi, kabupaten/kota, instansi terkait, kepolisian, perhubungan dan beberapa unsur lainnya. Susunan kepanitian kali ini juga melibatkan masyarakat, terutama untuk menangani persoalan kebersihan di lokasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji.

“Kami sengaja melibatkan masyarakat sekitar lokasi pemberangkatan untuk mengatasi persoalan kebersihan. Contohnya, untuk di Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, persoalan kebersihan akan diserahkan kepada masyarakat sekitar lokasi tersebut,” paparnya.

Begitu juga dengan lokasi pemberangkatan di sekitar Bandara Depati Amir. Ia menambahkan, dengan persiapan yang dilakukan panitia diharapkan dapat memberikan kepuasan pelayanan kepada jamaah haji. Tertibnya kegiatan ini harus dimulai dari pemberangkatan, perjalanan hingga kedatangan yang selalu aman dan lancar. Semua itu tidak akan tercapai tanpa kerja sama dari semua pihak.

Jumlah jamaah tahun ini sebanyak 732 orang. Ia merinci, terdapat 198 jamaah dari Kabupaten Bangka, 133 jamaah asal Pangkalpinang, 58 jamaah Bangka Tengah, 74 jamaah Bangka Selatan, 69 jamaah asal Belitung, 38 jamaah Belitung Timur, 120 jamaah Bangka Barat dan delapan merupakan Panitia Penyelenggara Haji Daerah (PPHD) dan Petugas Kesehatan Haji Daerah (PKHD).  

“732 jamaah tersebut kita berangkatkan melalui tiga titik yaitu, Bandara Depati Amir, Bandara Hananjuddin Belitung dan Pelabuhan Muntok Bangka Barat. Jadi ada dua jasa transportasi yang digunakan yaitu, menggunakan pesawat udara dan menggunakan kapal laut,” jelasnya.

Jamaah yang diberangkatkan dari Pangkalpinang ke embarkasi Palembang menggunakan jasa transportasi udara terdapat 612 orang. Rinciannya, pemberangkatan hari pertama 332 jamaah, dan hari kedua 245 jamaah. Menurut Rusli, sisanya 120 jamaah menggunakan jasa transportasi laut. Panitia haji juga bekerja sama dengan PT Pos Indonesia guna melakukan pengangkutan barang jamaah.

“Jadi semua barang jamaah, kecuali kebutuhan primer jamaah diangkut menggunakan jasa PT Pos,” katanya.(hzr/rf)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari