Masalah Perizinan? PTSP Siap memberikan Kemudahan

Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Siap memberikan kemudahan dalam memproses masalah perizinan, hal ini lah yang menjadi topik pembicaraan PTSP kepada peserta rapat mekanisme Pelayanan  teknis di ruang rapat  Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) pada Rabu (13/6). Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang perizinan Triana Ermawati yang dihadiri oleh Dinas-dinas yang mengeluarkan perizinan atau rekomendasi oleh para pelaku usaha didaerah seperti Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas kehutanan dan Dinas Perhubungan.   

PTSP adalah kegiatan penyelenggaraan suatu perizinan dan non perizinan yang mendapat pendelegasian atau pelimpahan wewenang dari lembaga atau instansi yang memiliki kewenangan perizinan dan non perizinan yang proses pengelolaannya dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat.  Untuk itu PTSP siap memberikan jaminan kemudahan kepada pemohon izin “ kita mempermudah bagi pelaku usaha diwilayah kita untuk membantu menerbitkan dokumen izin, seperti izin usaha “ ungkap Triana. 

PTSP di bidang perzinan tujuannya adalah  untuk membantu penaman modal dalam memperoleh kemudahan pelayanan fasilitas fiskal dan informasi mengenai penanaman modal dengan cara mempercepat, menyederhanakan pelayanan dan meringankan atau menghilangkan biaya pengurusan perizinan dan non perizinan. Ini merupakan tuntutan pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam peraturan Presiden No. 27 Tahun 2009 tentang Pelayanan satu pintu di penanaman modal, Peraturan dari Permendagri No. 24 Tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu, Permendagri No. 2 Tahun 2008 tentang pedoman organisisai dan tata kerja unit pelayanan perizinan terpadu didaerah hal ini juga didukung oleh Surat Kementerian Dalam Negeri RI Nomor 570/3172/SJ tanggal 19 Agustus 2011 tentang penyelenggaraan wewenang pelayanan perizinan dan non perizinan di bidang penanaman modal dalam negeri melalui kelembagaan PTSP didaerah.

Dengan dasar yang kuat inilah PTSP meminta kerjasama kepada setiap SKPD yang mengeluarkan perizinan atau rekomendasi oleh para pelaku usaha didaerah melalui penunjukan Tim Teknis untuk membantu tercapainya tujuan Perizinan satu pintu ini.  (ami)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Evani