Masuk Penilaian Tahap II PPD 2020, Pemprov. Kep. Babel Pamer Gema Sabuk Amang

PANGKALPINANG - Provinsi Kep. Bangka Belitung menjadi salah satu provinsi yang lolos ke Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2020. Penilaian Tahap II akan dilaksanakan pada 24-28 Februari 2020 di Kantor Kementerian PPN/Bappenas RI.

Sekretaris Bappeda Kep. Babel, Joko Triadhi, mengatakan, PPD merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemda yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan di daerah. 

"PPD merupakan penghargaan yang bergengsi, ini memotivasi kita dalam menyiapkan dokumen perencanaan dengan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, serta dapat dilaksanakan," ungkap Joko Triadhi di Kantor Bappeda Kep. Babel, Rabu (19/02).

Pada saat penilaian yang akan dilakukan pada 27 Februari nanti, menurut Joko Triadhi akan dilakukan sesi presentasi dan wawancara. Nantinya, Prov. Kep. Babel akan menampilkan Gema Sabuk Amang, sebagai inovasi yang telah dilakukan.

"Inovasi punya bobot nilai yang besar pada Penilaian Tahap II, karena itu kita akan tampilkan Gerakan Masyarakat Gemar Makan Sayur, Buah, Umbi-umbian, Kacang-kacangan, dan Ayam Merawang atau yang dikenal juga sebagai Gema Sabuk Amang," ungkapnya.

Gema Sabuk Amang merupakan strategi  peningkatan keseimbangan gizi masyarakat melalui diversifikasi pangan masyarakat dari produk pangan lokal. Guna mendukung gerakan ini, Pemprov. Kep. Babel telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 30 Tahun 2018 tentang Gema Sabuk Amang.

"Hal ini merupakan salah satu langkah Provinsi Kep. Babel untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar gemar makan buah, sayur, umbi-umbian, kacang, dan protein hewani, serta yang tak kalah penting, gerakan ini dilakukan untuk menekan kasus stunting di Provinsi Kep. Bangka Belitung," ungkap Joko Triadhi.

 

Sumber: 
Bappeda Prov. Kep. Babel
Penulis: 
Rizky Fitrajaya
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya
Editor: 
Listya