Masyarakat Lestarikan Kesenian dan Permainan Tradisonal

Batu Beriga – Berbagai perlombaan permainan tradisional diadakan di Desa Batu Beriga Kab. Bangka Tengah pada rangkaian Sail Komodo 2013, seperti Tarik Tambang, Galah Panjang, Makan Kerupuk, Enggrang, dan Gasing.

Mengusung Tema “Mari Kita Lestarikan Kesenian Budaya Daerah”. Kegiatan ini diadakan di Pantai Batu Beriga yang jumlah penduduknya sekitar 480 Kepala Keluarga atau sekiatr 1800 jiwa yang didominasi oleh masyarakat keturunan Pulau Belitung tepatnya dari Desa Selat Nasik.

Masyarakat begitu antusias mengikuti rangkaian acara yang dimulai sejak pukul 10.00 wib serta berpartisipasi dalam lomba permainan tradisional seperti lari karung, galah panjang, dan makan kerupuk.

“Peserta adalah masyarakat Desa Batu Beriga, yang juga akan mengikuti rangkaian festival yang akan dimulai pukul 16.00 wib hari ini”, Jelas Endang Setiawan selaku Kades Batu Beriga.

Festival juga akan disaksikan oleh para yarcher yang singgah di Pantai Batu Beriga sejak Jumat (18/10) yang mengikuti titik-titik persinggahan Sail Komodo, dimana setelah dari Batu Beriga mereka akan melanjutkan perjalanan rute terakhirnya ke Pulau Bintan Kep. Riau.  Seperti hari pertama dilaksanakan kegiatan festival campak, dambus, rudat, dan rebana tahunan tingkat Kabupaten Bangka Tengah tahun 2013.

“Tujuan dari festival budaya ini adalah untuk memperkenalkan pantai-pantai dan budaya di Batu Beriga”, jelas Endang.

Yacher yang berjumlah 14 orang juga mengikuti rangkaian tour keliling Bangka Tengah seperti hutan pelawan di Desa Namang, kepasar tradisional di Koba dan Lubuk Besar. Menurut Endang, turis-turis merasa senang dengan ungkapan “Happy-Happy”  karena masyarakat juga mengenalkan makanan khas, yaitu lempah kuning. Dengan acara ini, Endang juga ingin membuktikan manfaat dari turis-turis yang datang, seperti contohnya mereka  bermalam dirumah penduduk (homestay).

Puncak acara dari rangkaian kegiatan Sail Komodo ini pada hari  Minggu (20/10) akan dimeriahkan dengan akan nikah masal dan nganggung Sepintu Sedulang di pinggir Pantai Batu Beriga.

“Kedepan, program pariwisatanya,  menjadi lebih maju”, harapnya.

Menurut perencanaannya, tahun depan pada Bulan Mei akan diadakan rangkaian acara selamat laut dan pada acara ini kami akan mengundang Bapak Gubernur Kep. Bangka Belitung untuk hadir. (*nn/fa/sc/ami)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi | Suci Lestari
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Surianto