Masyarakat Menguasai Teknologi dan Informasi, Ini Keuntungannya

PANGKALPINANG -- Masyarakat diharapkan dapat menguasai teknologi dan informasi. Sebab jika Informasi dikelola secara baik dan benar, maka dapat memberikan manfaat. Informasi tersebut bisa berupa tulisan dan bisa juga berupa video.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman mengatakan, media sosial sudah mengambil peran besar dan posisi penting dalam penyebarluasan informasi. Sebagian besar media itu milik pribadi masyarakat.

"Seiring sejalan nantinya, informasi yang dikelola secara baik bisa mendatangkan uang," kata Kadiskominfo Sudarman saat membuka kegiatan Pemberdayaan KIM, di Sun Hotel, Rabu (6/3/2019).

Sarana informasi bisa melalui tulisan dan video. Kadiskominfo Sudarman menjelaskan, video yang diupload di media sosial seiring waktu bisa mendapatkan iklan. Tentunya ini peluang mendapatkan uang dari media sosial.

Lebih jauh Kadiskominfo Sudarman mengatakan, banyak masyarakat lebih menyukai melakukan transaksi online. Seperti transaksi jual beli online sudah marak belakangan ini. Semua ini bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Media mainstream bisa dikalahkan dengan adanya media sosial. Menurut Kadiskominfo Sudarman, namun masyarakat mesti lebih selektif ketika menyebarluaskan informasi, sehingga Informasi tersebut terjamin kebenarannya.

Kegiatan KIM mengolah dan menyebarkan informasi secara bersama. Jika pengelolaan informasi dilakukan secara berkelompok dapat mengindari terjadi penyimpangan. KIM bisa membantu sehingga Informasi menjadi terarah.

"Sekitar 85 penggunaan internet untuk kepentingan pribadi. Hendaknya masyarakat mendapatkan manfaat dari penggunaan internet," kata Kadiskominfo Sudarman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli