Maya: Musik Jazz Mampu Tarik Minat Wisatawan

Sungailiat -  Jazz On The Beach diharapkan mampu menarik minat wisatawan domestik bahkan wisatawan mancanegara. Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mempromosikan pariwisata di Bangka Belitung.

Maya Damayanti, Direktur Event Organizer Innov, mengatakan Jazz On The Beach yang diselenggarakan di Marina Bay Istana Pool Villa and Spa, Parai Tenggiri Beach (2/11) dapat menarik wisatawan agar mengunjungi Bangka Belitung

Selain itu kegiatan ini merupakan ajang melihat minat anak muda di Bangka Belitung terhadap musik Jazz, ujar Maya.

“ dari sini akan dibawa ke tingkat nasional dan terus berkembang ke ajang internasional", kata Maya.

Maya menyadari antusiasme masyarakat juga semakin bertambah dalam setiap tahun penyelenggaran musik Jazz yang sudah keempat kalinya digelar di Bangka Belitung sejak tahun 2009. Ini merupakan bukti bahwa musik Jazz ini mulai dapat diterima oleh masyarakat khususnya di Bangka Belitung.

“ dalam tiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah penonton, dapat diartikan bahwa musik jazz ini sudah dapat diterima oleh masyarakat luas”, kata Maya.

Jazz On The Beach juga diharapkan dapat menghibur masyarakat. Maya menambahkan selain menampilkan sajian musik yang berkualitas kegiatan ini sekaligus dapat mempromosikan pariwisata Bangka Belitung kepada wisatawan mancanegara agar mereka tertarik untuk mengunjungi Pulau Bangka khususnya.

Worksop musik juga digelar sehari sebelum konser musik ini dilaksanakan. Target sasaran kegiatan ini anak muda yang memiliki minat lebih terhadap musik Jazz. Mulai dari tehnik olah vokal dan bagaimana bermusik Jazz dengan baik juga diulas oleh nara sumber, Idang Rasidi, Musisi Jazz Indonesia, jelas Maya.

Empat band lokal, Psycoustick Band, Sada Band, Akar Linggar dan Pesirah Band  juga turut tampil pada  pegelaran musik Jazz On The Beach pada malam terakhir. Band-band tersebut merupakan hasil  dari  audisi Road  Jazz on the beach.

Menurut Maya, panitia telah melaksanakan audisi band yang beraliran jazz untuk  mencari bibit-bibit  musisi jazz khususnya diwilayah Bangka Belitung. Grup Band yang lolos diharapkan mampu memberikan kemasan musik yang berkualitas.

Pada tahun 2014 mendatang, pergelaran ini dapat diisi oleh para musisi Jazz dari luar negeri. Maya mengakui kegiatan ini tidak lepas dari peran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“sejauh ini pemerintah mendukung penuh acara-acara semacam ini, karena dari sinilah Palau Bangka dapat dikenal” , jelas Maya.

Tontowi, salah satu penonton yang ditemui oleh babelprov mengaku merasa terhibur dan senang dengan acara ini. Acara ini mampu memberikan sajian musik yang berkualias, selain bisa menikmati musik jazz yang lembut penonton juga bisa menikmati udara pantai yang hangat.

“ saya sangat terhibur dan sangat merasa relax ketika mendengarkan alunan music Jazz, selain menikmati musik saya juga bisa bersantai dipinggir pantai”, ujar Tontowi. (Ami)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Evani