Megawati: Tingkatkan Indeks Pembangunan Gender

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya semaksimal mungkin meningkatkan indeks pembangunan gender. Pasalnya hingga saat ini pengarusutamaan gender masih belum maksimal. Salah satu langkah yang dilakukan yakni, menggelar kegiatan fasilitasi dan advokasi perencanaan penganggaran responsif gender.

Kegiatan yang dimotori Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut, diselenggarakan di Meeting Room Hotel Bangka City, Jalan Alexander, Kelurahan Air Itam, Pangkalpinang, Senin (28/09/2015). Sebanyak 22 peserta berasal dari Satpol PP kabupaten/kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti kegiatan ini.

Megawati Soeroso Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menilai, persoalan pengarusutamaan gender di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih jauh tertinggal dibandingkan provinsi lain. Namun pemerintah daerah terus berupaya semaksimal mungkin meningkatkan indeks pembangunan gender tersebut.

"Implementasi perencanaan responsif gender dan anggaran responsif gender ini diharapkan dapat membuat perencanaan dan penganggaran daerah lebih efektif dan efisien. Selain itu dapat mengurangi kesenjangan penerima manfaat pembangunan," tegasnya.

Bertindak sebagai narasumber kegiatan ini dari Bappeda dan Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pemateri mengadvokasi agar pengalaman, aspirasi, kebutuhan, potensi dan penyelesaian permasalahan perempuan, laki-laki diintegrasikan dalam setiap kebijakan.

Tujuannya, agar program kerja dapat mencapai kesetaraan dan keadilan gender. Selain materi pemahaman tentang pengarusutamaan gender, khususnya di lingkungan Satpol PP menggelar praktek penyusunan dokumen penganggaran kegiatan yang responsif gender di setiap bidang.

Hal tersebut berawal dari menganalisis data-data terpilah kebijakan dan program yang sudah dilaksanakan di tahun 2015. Kemudian semuanya menjadi dokumen acuan penyusunan rencana kerja Satpol PP tahun anggaran 2016.

Sumber: 
Satpol PP Provinsi Kep Babel
Penulis: 
Rusmini
Fotografer: 
Rusmini