Mei, Realisasi Penyerapan Anggaran 23,03 Persen

Pangkalpinang – Hingga Mei 2015, realisasi penyerapan anggaran APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rp490.768.196.710,38 atau sebesar 23,03 persen. Sementara total anggaran APBD sebesar Rp2,130.562,476,885,23. Terdapat penyerapan anggaran beberapa SKPD masih rendah.

Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, serapan anggaran beberapa SKPD masih rendah. Kepala SKPD hendaknya menjalankan kegiatan sesuai aturan dan administrasi. Kondisi capaian realisasi penyerapan anggaran saat ini menjadi bahan renungan.

“Untuk beberapa SKPD yang serapan anggaran masih rendah, kita bahas kendalanya bersama-sama dan cari solusinya,” jelas Wagub, di ruang Mahligai Serumpin Sebalai, Rabu (17/6/2015).

Sementara Syahrudin Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan SKPD harus sesuai dengan waktu, karena ini sudah memasuki pertengahan tahun. Berdasarkan update data per 16 Juni, realisasi anggaran sampai Mei berada diangka 23,03 persen.

“Kegiatan yang dilaksanakan SKPD harus sesuai dengan waktu," jelas Syahrudin.

Terdapat penyerapan anggara beberapa SKPD masih rendah. Menurut Sekda, hal ini dikarenakan beberapa kegiatan di SKPD harus dilaksanakan sesuai jadwal yang ada atau tidak bisa dipercepat. Contoh Biro Kesra, ada kegiatan baru bisa dilaksanakan bulan Ramadan dan bulan haji.

“Jadi kegiatan ini tidak bisa dipercepat untuk meningkatkan serapan anggaran,” jelas Syahrudin.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari