Melati Erzaldi Kunjungi Desa Sungai Padang, Pantau Lomba PHBS

SIJUK - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi menerima profil Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari Ketua TP-PKK Desa Sungai Padang, saat digelar penilaian Lomba PHBS Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021, di Kantor Desa Sungai Padang, Sijuk, Kabupaten Belitung, Jumat (17/9/2021). 

Lomba PHBS merupakan satu dari empat lomba yang dipertandingkan dalam Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan setiap tahunnya. Lomba lain yang dilaksanakan diantaranya, lomba PKK KB Kesehatan, Lomba Posyandu, dan Lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS). Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Dijelaskan dalam sambutan Melati Erzaldi, Lomba Kesrak PKK KB Kesehatan dilaksanakan oleh TP-PKK Babel yang bekerja sama dengan beberapa OPD di lingkungan Pemprov. Babel terkait seperti Dinas Sosial dan PMD, Dinas Kesehatan, BKKBN, DP3ACSKB, dan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Melati Erzaldi mengatakan, kegiatan di masa pandemi ini berubah pola. Biasanya para juara 1 hingga 3 dari tiap kabupaten diundang untuk mengikuti perlombaan ke tingkat provinsi, tetapi terpaksa hanya bisa dilakukan dengan mengirimkan profil tiap desa yang lolos ke TP-PKK Provinsi. 

Diketahui di tahun 2021, penilaian lomba PHBS ini dibagi menjadi 2 tahapan. Tahap pertama verifikasi administrasi, yaitu penilaian melalui profil yang dikirimkan oleh para peserta lomba. Dari verifikasi administrasi ini didapatkan 3 peserta terbaik yang menjadi nominator. Tahap Kedua, verifikasi lapangan yang dilaksanakan untuk menentukan terbaik 1, terbaik 2 dan terbaik 3 berdasarkan penilaian real lapangan/lingkungan serta para kader pelaksana kegiatan.

Lebih lanjut Melati Erzaldi mengatakan, PHBS bukan hanya tentang bagaimana bisa menjadi nomor satu, tetapi bagaimana bisa benar-benar menerapkannya. Masa pandemi mengharuskan manusia untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sebagai bentuk upaya berperang melawan virus corona.

"Luar biasa, teman-teman desa yang menyanyikan lagu tentang PHBS. Lagunya menghibur dan liriknya mengajak untuk berperilaku hidup bersih dan sehat," ungkapnya memuji yel-yel yang sempat dibawakan para kader PKK desa Sungai Padang.

Melati Erzaldi yang didampingi Wakil Ketua 1 TP-PKK Babel Laksmi Abdul Fatah, juga menyampaikan harapannya kepada Desa Sungai Padang untuk dapat menjadi yang terbaik dan bisa mewakili Babel ke tingkat nasional, dan dapat mengangkat pariwisata dan sisi lain Babel. 

Kades Sungai Padang Firdaus, pada kesempatan ini mengaku sangat tersanjung atas kehadiran istri orang nomor satu di Babel ini. Disampaikan Firdaus, desanya memiliki program PHBS karena sehat merupakan suatu anugerah terindah yang harus dimulai dari diri sendiri. 

"PHBS di sini terus disosialisakan kepada warga," ungkapnya. 

Sementara, Ketua TP-PKK Kabupaten Belitung Asmara Sahani, menyebutkan kepada anggota PKK Desa Sungai Padang, bahwa kehadiran Ibu Melati harus menjadi motivasi agar TP-PKK desa ini lebih maju kedepannya. Sebab, Desa Sungai Padang merupakan salah satu andalan lomba PHBS di Kabupaten Belitung. 

"Semoga Desa Sungai Padang dapat meraih juara di tingkat provinsi," ungkap pada kegiatan yang juga dihadiri Wakil Ketua 1 TP-PKK Kabupaten Belitung, dan Camat Sijuk itu.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dp
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Rangga

Berita

23/02/2021 | Dinas Kominfo
103,215 kali dilihat
15/08/2019 | DP3ACSKB
46,820 kali dilihat
17/12/2018 | Dinas Kominfo
35,950 kali dilihat
13/07/2017 | Dinas Kominfo
19,138 kali dilihat
24/08/2016 | Diskominfo Babel
13,385 kali dilihat
06/05/2015 | Dinas Kominfo
11,802 kali dilihat
26/10/2017 | Dinas Kominfo
10,310 kali dilihat