Mengelola Keberagaman Menjadi Kekuatan

Bangka – DPD I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dimana merupakan tempat bernaung segala macam organisasi kepemudaan. Mereka semua berkumpul bercirikan lintas agama, lintas ideologi, dan lintas etnis.

Isu-isu yang mengundang perpecahan seperti SARA tampak tidak berlaku di Bangka Belitung. Hal ini dapat dilihat dari kerukunan hidup masyarakatnya yang bersatu padu, saling membantu.

Ketua DPD I KNPI Provinsi Kepuluan Bangka Belitung Bambang Patijaya mengatakan, bahwa Ia sempat mendapat sms dari seorang teman yang mengatakan “Selamat mengelola perbedaan” saat Ia telah menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Babel. Kemudian Ia menanggapi, “Kita harus memandang positif  atas kemajemukan KNPI, apabila dibina dengan baik akan menjadi suatu harmoni yang melahirkan kekuatan besar sehingga menjadi saling melengkapi. Karena disinilah letak tantangan terbesar dalam KNPI, yaitu bagaimana mengelola suatu peradaban yang berbeda-beda menjadi suatu kekuatan,” terang Bambang.

“Bhineka Tunggal Ika bukan bermaksud membuat semua menjadi sama, tapi bagaimana peradaban tersebut menjadi kekuatan pemuda Indonesia, kekuatan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya Bambang mengatakan, bahwa akan ada 28 bidang yang akan menjadi perhatian pokok kerja KNPI. Dimana bidang-bidang tersebut berkaitan dengan isu-isu aktual dan strategis di Bangka Belitung, seperti bidang penanggulangan narkoba, anti HIV/AIDS, bidang pertambangan dan energi, bidang kebudayaan dan pariwisata, bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan bidang bidang lainnya.

Komposisi pengurus KNPI yang baru ini terdiri dari berbagai macam latar belakang pendidikan dan pekerjaan, mulai dari professional, aktivis pemuda, PNS, LSM, dan lain lain. Semuanya merupakan orang-orang terdidik Bangka Belitung yang cerdas, dimana 85% nya terdiri dari anak-anak muda yang akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkualitas.

“DPD I KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah bekerjasama dengan DPP KNPI, beserta Kementrian Koperasi akan melaksanakan pelatihan kewirausahaan di Bangka Belitung. Kami akan mengajak 100 pelaku usaha baru di Bangka Belitung untuk ikut serta dalam pelatihan tersebut.” Imbuhnya.

Pada acara tersebut, Ketua DPP KNPI Taufan Eko N Rotorasiko membawa berita baik untuk 100 pelaku usaha muda mudi terbaik di Bangka Belitung, yaitu program kewirausahaan. Para pelaku usaha muda ini diharapkan untuk membuat proposal yang bagus, karena tentu saja semua itu akan diseleksi terlebih dahulu. Apabila lolos seleksi, usahawan muda tersebut bisa mendapatkan dukungan berupa dana hingga 20 jutaan rupiah. Tetapi dana tersebut juga disesuaikan dengan ajuan proposal yang diminta.

Mungkin dengan program yang menarik ini, dapat menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahawan para pemuda di Bangka Belitung ini. Berlomba-lomba para pemuda untuk bekerja dan berkarya, seperti slogan KNPI DPD I Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (K5/TMC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Khalimo