Mengenal dan Melepas Kapolda Babel

PANGKALPINANG - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel) menggelar acara malam kenal pamit Kapolda Babel dari Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat kepada Irjen Pol Drs. Yan Sultra Indrajaya, S.H di Gedung Tribrata Polda Babel, Selasa (16/11/2021), yang turut dihadiri oleh Gubernur Erzaldi Rosman beserta sang istri, Melati Erzaldi. 

Selama dua tahun kepemimpinan Irjen Pol Anang Syarif Hidayat di Babel, berbagai prestasi telah ditorehkan olehnya, selain tentunya menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Bumi Serumpun Sebalai. 

Dalam acara yang berlangsung hangat, haru dan penuh keakraban itu, ditampilkan kilas balik perjalanan Irjen Pol Anang Syarif Hidayat selama menjabat sebagai Kapolda Babel. Jenderal bintang dua yang kini mengemban tugas sebagai Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial dan Budaya itu dikenal aktif dikegiatan sosial, ia juga dikenal aktif dalam olahraga bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel, baik olahraga ringan hingga olahraga ekstrim. 

Gubernur Erzaldi dalam sambutannya mengatakan bahwa Irjen Pol Anang Syarif Hidayat maupun Nina Anang Syarif Hidayat menjalankan tugas di Babel cukup panjang, namun terasa singkat. Dimata Gubernur, beliau adalah sosok sosok yang 'ngemong' khususnya terhadap masyarakat, terlebih tugas berat yang harus diembannya karena bertepatan dengan wabah Covid-19 melanda dunia. 

"Hampir seluruh masa tugas beliau bergelut dengan Covid-19, tidak satupun dari kami (Forkopimda) yang berpengalaman mengurusi ini, tetapi Pak Anang selalu memiliki peran penting dalam memberi masukan untuk memutuskan kebijakan," kenang Gubernur Erzaldi. 

Gubernur Erzaldi juga menyampaikan rasa syukurnya dalam penanganan Covid-19, dengan kekompakan bersama Irjen Pol Anang Syarif dan Forkopimda yang rutin membiasakan untuk rapat bersama, tidak hanya dikantor, bahkan saat berolahrga. 

"Dengan kekompakan kami, alhamdulillah membuahkan hasil. Sampai saat ini Babel menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi kelima se-Indonesia," ungkapnya. 

"Selamat bertugas Pak Anang, semoga di tempat baru lebih sukses, antara Jakarta dan Babel sangat dekat, kita bisa terus bersilahturahmi," lanjut Gubernur Erzaldi. 

Kepada Kapolda Yan Sultra, Gubernur Erzaldi juga mengatakan selamat bertugas dan menyampaikan harapannya semoga betah bertugas di Babel. 

"Semoga Pak Yan dan Ibu Peggy dapat menghadirkan angin segar dan energi baru yang lebih kuat lagi," ungkapnya sembari menyapa Kapolda Babel baru. 

Pada Kesempatan ini, Irjen Pol Anang Syarif mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengannya selama dirinya menjabat Kapolda Babel. Terkhusus kepada Gubernur Erzaldi dan Forkopimda, ucapan ini disampaikan sangat mendalam. 

"Jika kita sudah berkumpul, keputusan selalu diambil dengan sebelumnya berkomunikasi dengan baik," ungkapnya.

"Saya juga berharap semua pihak dapat mendukung Pak Yan Sultra dalam menjalankan tugas menggantikan saya. Saya yakin beliau berpengalaman untuk bertugas di Babel," ungkanya lagi. 

Sementara Kapolda Yan Sultra, yang dipercayakan oleh Kapolri untuk memimpin Polda Babel per 31 Oktober 2021, dalam sambutannya mengatakan telah melaksanakan serah terima jabatan di Mabes Polri pada tanggal 10 November 2021. 

"Saya baru pertama kali selama hidup menginjakkan kaki di Bangka Belitung ini," ungkapnya menyapa. 

Menurutnya, apa yang telah ditorehkan oleh Irjen Pol Anang Syarif sangat luar biasa. Menurutnya dalam video kilas balik yang ditampilkan dalam rangkaian acara ini, menggambarkan betapa banyak prestasi kinerja Irjen Anang Syarif Hidayat termasuk pembangunan pada internal Polda Babel, maka dirinya akan meneruskan dengan sebaik-baiknya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dp
Fotografer: 
Iyas Zi
Editor: 
Budi