Menjelang Puasa dan Idul Fitri 1438 H di Babel, Kemendag RI Gelar Forum Diskusi

PANGKALPINANG - harga Bahan Pokok Berpotensi Naik Menjelang Puasa Dan Lebaran Tahun 2017/1438 H. Hal Penyanyi Sangat berpengaruh Terhadap tingginya Angka Inflasi. Kementerian Perdagangan RI akan melakukan sejumlah Langkah antisipasi, diantaranya mengidentifikasi ketersediaan stok / pasokan Dan harga Bahan Pokok nasional Dan Daerah.

Selain ITU Kementerian Perdagangan also mengidentifikasi Langkah-Langkah Dan kesiapan Instansi Berlangganan Dan Pelaku usaha, which are diimbangi DENGAN meningkatkan fungsi fungsi Pengawasan differences barang Yang distributes. Demikian disampaikan Kasan, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kementerian Perdagangan RI hearts Forum Diskusi Pemantauan harga dan Stok Serta Pendalaman Pemetaan Surplus-Defisit Bahan Pokok.

Forum Diskusi hearts Kegiatan Rapat Koordinasi Identifikasi Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Bulan Puasa, Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha Tahun 2017 tersebut dilaksanakan Oleh Kemendag RI selaku Instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Babel, Kabupaten / Kota se Bangka Belitung Dan parties Berlangganan seperti Bank Indonesia, Bulog, HIPMI, distribuor Bahan Pokok Dan parties Berlangganan lainnya di Novotel Bangka, Rabu (2017/12/04).

Kasan menyampaikan harga tertinggi beberapa Bahan Pokok Menjelang Puasa Dan Lebaran Yang Telah di tetapkan per 10 April 2017, diantaranya harga tertinggi untuk review Gula Rp.12.500, Minyak Goreng Kemasan Sederhana Rp.11.000, Daging Beku Rp.80.000 di ritel modern yang Yang SEMUA kebijakan Penyanyi dikoordinasikan DENGAN Pelaku usaha, Pemerintah Dan parties Berlangganan.

“Penetapan Penyanyi bertujuan untuk review mengarahkan kesamaan harga 3 Bahan Pokok Penyanyi di Pasar tradisional.” Jelas Kasan. 

Langkah Lain yang dilakukan Kementrian Pergangan RI Yaitu mengeluarkan Permendag Nomor 20 / M-DAG / PER / 3/2017 TENTANG Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok. Peraturan Menteri Penyanyi dikeluarkan bertujuan untuk review get information Lengkap TENTANG siapa Pelaku usaha, distributor siapa, barangnya APA, Hingga jumlahnya berapa. JIKA Peraturan Menteri Penyanyi Telah dijalankan di Kabupaten / Kota, Maka akan menghasilkan data yang Yang Pasti disetiap Daerah Dan mengimbangi Kebutuhan akan Bahan Pokok tiap-tiap Daerah.

Yan Megawandi, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan apresiasi Tinggi ditunjukan kepada Kementrian Perdagangan RI hearts Upaya Pengendalian pasokan Bahan Pokok Menjelang hari-hari gede. Yan Megawandi also menghimbau ditunjukan kepada Kabupaten / Kota Dan parties Berlangganan untuk review can bersinergi menanggapi harga Bahan Pokok Penyanyi mengingat Inflasi Babel Hingga Akhir 2016 Yang mencapai 6,75% Masih Diatas Angka Inflasi Nasional Yaitu 4%.

Seperti Yang kitd ketahui Bersama harga Bahan Pokok mengalami peningkatan permintaan Negara Menjelang Bulan Puasa dan Hari Raya. Yan Megawandi mengatakan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan beberapa Langkah diantaranya, menekan kelangkaan Akibat penimbunan DENGAN Pemantauan distributor Dan Pedagang di Pasar. Upaya lain yang dilakukan Adalah DENGAN mengadakan Pasar Murah Menjelang Bulan Puasa Dan Idul Fitri.

Yan Megawandi Berharap, JIKA ANTARA Provinsi Dan Kabupaten / Kota di Indonesia menetapkan Pola Distribusi ATAU Pola pasokan Yang sama, tentu pemasalahan gede akan teridentifikasi antar provinsi seperti apa, Maka society di Indonesia akan get harga Yang Wajar Sesuai DENGAN Pasar Nasional.

“Sehingga TIDAK ADA parties-parties Yang dirugikan Terlalu Banyak Dan di untungkan Terlalu gede,” ungkap Yan Megawandi.

Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Bangka Belitung, Yuliswan mengatakan hal yang sama, bahwa Pemantauan harga di Pasar dilakukan bahkan SETIAP hari yang are dilaporkan Ke Kementerian. Selain ITU, hal yang sama also dilakukan Oleh Kabupaten / Kota se-Babel.

* Menurut Yuliswan, Sejak 3 Tahun Yang Lalu, Kepala Dinas Perindag se-Babel Bersama Rekan distributor Telah MEMBUAT kesepatan Bersama untuk review mengantisipasi lonjakan-lonjakan harga hearts Menghadapi hari-hari gede keagamaan. Kepala Daerah also Diminta mendampingi Pelaku usaha DENGAN tujuan data (harga, stok, dsb) Yang didapatkan akan Akurat.

Menghadapi hari raya Tahun 2017 Penyanyi, Pemprov Babel menganggarkan setidaknya 3 Milyar rupiah untuk review sembako bersubsidi. Hal Serupa also dianggarkan Oleh Kabupaten / Kota di Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp
Editor: 
Noviansyah