Menpora Tutup Pornas XV Korpri 2019, Jabar Kembali Raih Juara Umum Pertama

Pangkalpinang - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali resmi menutup pagelaran Pekan Olahraga Nasional (Pornas) XV Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) 2019, di GOR Sahabudin, Pangkalpinang, Senin (18/11).

Keluar sebagai juara umum I dengan perolehan emas terbanyak, yakni Provinsi Jawa Barat dengan perolehan 7 emas, Provinsi Jawa Timur Juara Umum II dengan perolehan 5 emas dan Kementerian Pemudan dan Olahraga (Kemenpora) RI Juara Umum III dengan perolehan 5 emas.

Menpora Zainudin Amali dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya peranan Korpri dalam menjaga kebersamaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Indonesia dalam bentuk partisipasi olahraga.

“Pornas Korpri merupakan salah satu bentuk kepedulian kita sebagai ASN terhadap olahraga. Dalam hal ini, Korpri telah melakukan peran pentingnya mempersatukan para atlet ASN di seluruh Indonesia,” kata Zainudin.

Untuk itu, Zainudin menyatakan akan terus mendukung eksistensi Korpri.

“Korpri telah memasyarakatkan olahraga. Hal ini tidak bisa hanya dilakukan oleh Kemenpora saja. Pemerintah sangat bangga dan mengapresiasi penuh atas upaya Korpri. Untuk itu, saya mendukung penuh atas eksistensi Korpri,” katanya.

Melalui Korpri juga, tambah Zainudin, jalinan silahturahim ASN di seluruh Indonesia dapat tetap terjalin.

“Dengan Korpri juga, para ASN di seluruh Indonesia dapat melebur bersama, menyampaikan aspirasinya, pemikiran-pemikirannya dalam kontribusi positif untuk pembangunan bangsa dan negara,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah mengucapkan bahwa pelaksanaan Pornas Korpri juga berguna untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani para ASN. 

“Pornas Korpri dilaksanakan guna memelihara semangat kebersamaan serta memelihara tingkat kesegaran mental dan kebugaran fisik kita dari hantaman rutinitas kita sehari-hari,” ucap Abdul Fatah.

Ia juga mengatakan bahwa motivasi dalam pertandingan tidak hanya diperoleh dari kemenangan tapi juga kekalahan.

“Kemenangan dalam olahraga harus dapat memacu kita untuk menjadi lebih baik. Begitu juga kekalahan, harus diterima dengan lapang dada dan penyemangat untuk berusaha lebih baik lagi,” katanya.

Selain sambutan dan penyerahan piala, acara penutupan juga diisi dengan penampilan tari kreasi oleh Sanggar Rebang Emas Bangka, kelompok paduan suara Babel Serumpun Sebalai, senam Bedincak, penyerahan bendera Korpri kepada Provinsi Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan Pornas XVI Korpri 2021, hingga penampilan artis ibukota Kristina.

Turut hadir pada acara, jajaran panitia pusat dan daerah, Forkominda Babel, para atlet, serta para ASN Babel.
 

Sumber: 
BKPSDMD Babel
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Lulus